of 27 /27
SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK SIJUPE (Sistem Informasi Juragan Pete-Pete) untuk: Tugas Mid Semester Dipersiapkan oleh: SOEZHAMRI (2011020129) Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer 1

SKPL - SIstem Informasi Juragan Pete-Pete

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak - Proposal

Text of SKPL - SIstem Informasi Juragan Pete-Pete

SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK

SIJUPE(Sistem Informasi Juragan Pete-Pete)

untuk: Tugas Mid Semester

Dipersiapkan oleh:SOEZHAMRI (2011020129)

Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan KomputerSTMIK Handayani Makassar2014i

6

1

DAFTAR ISI

Daftar IsiiBAB 1. PENDAHULUAN11.1 Tujuan 11.2 RuangLingkup 21.3 Definisi 31.4 Referensi 31.5 Sistematika 4BAB 2. DESKRIPSI UMUM 2.1 Perspektif 52.2 Kegunaan 62.3 Karakteristik Pengguna 72.4 Batasan-batasan 72.5 Asumsidan Ketergantungan 8BAB 3. SPESIFIKASI KEBUTUHAN 3.1 Kebutuhan Fungsional 93.1.1 Pendahuluan 93.1.2 Input 103.1.3 Proses 113.1.4 Output 123.2 Kebutuhan Antarmuka Eksternal 133.2.1 Antarmuka Pengguna 133.2.2 Antarmuka Perangkat Keras 133.2.3 Antarmuka Perangkat Lunak 133.2.4 Antarmuka Komunikasi 143.3 Kebutuhan Performansi 143.4 Kendala Disain 143.4.1 Standard Compliance 143.4.2 Perangkat Keras 153.5 Atribut 153.5.1 Keamanan Sistem 153.5.2 Pemeliharaan 153.6 Kebutuhan Lain 163.6.1 Database 163.6.2 Pengoperasian 163.6.3 Penyesuaian Tempat 16

BAB 1PENDAHULUAN

1.1 TujuanDokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) atau Software Requirement Spesification (SRS) ini merupakan dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak SIJUPE (Sistem Informasi Juragan Pete-Pete). Tujuan dari penulisan dokumen ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai perangkat lunak yang akan dibangun baik berupa gambaran umum maupun penjelasan detil dan menyeluruh.Pengguna dari dokumen ini adalah pengembang perangkat lunak Sistem Informasi Juragan Pete-Pete dan pengguna (user) dari perangkat lunak atau personil-personil yang terlibat dalam sistem. Dokumen ini akan digunakan sebagai bahan acuan dalam proses pengembangan dan sebagai bahan evaluasi pada saat proses pengembangan perangkat lunak maupun di akhir pengembangannya. Dengan adanya dokumen SKPL ini diharapkan pengembangan perangkat lunak akan lebih terarah dan lebih terfokus serta tidak menimbulkan ambiguitas terutama bagi pengembang perangkat lunak Sistem Informasi Juragan Pete-Pete.

1.2 Ruang LingkupPerangkat lunak yang akan dikembangkan adalah perangkat lunak Sistem Informasi Juragan Pete-Pete, yaitu merupakan perangkat lunak yang digunakan dengan tujuan membantu pemilik angkutan umum bersekala besar dalam mengelola dan mengatur usahanya secara terkomputerisasi. Sistem Informasi Juragan Pete-Pete. dapat melakukan hal-hal berikut ini :1. Program aplikasi mampu mendata semua pegawai dan mengurutkan dan mengkategorikan sesuai dengan pekerjaan mereka, lama kerja serta dalam memberikan gaji serta bonus.2. Program aplikasi mampu memberi dan mengatur jadwal kerja pegawai, jadwal perbaikan dan perawatan kendaraan seperti sebuah pengingat.3. Program aplikasi mampu mendata keuangan untuk pemasukan dan pengeluaran tiap hari, bulan bahkan sampai pertahunnya berdasarkan parameter-parameter seperti penyetor dan pemakai dana.4. Tampilan program aplikasi harus sederhana dan dapat dioperasikan oleh user yang masih awam tentang komputer.

1.3 DefinisiDaftar definisi akronim dan singkatan :Istilah, Akronim dan SingkatanKeterangan

SKPLSpesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, merupakan dokumen hasil analisis yang berisi spesifikasi kebutuhan user.

SRSSoftware Requirement Spesification Dokumen ini sama dengan SKPL

IEEEInstitute of Electrrical and Electronics Engineers, merupakan standar internasional untuk pengembangan dan rancangan perangkat lunak.

UserOrang yang menggunakan Sistem Informasi Juragan Pete-Pete

DCDData Context Diagram, merupakan diagram yang menggambarkan hubungan sistem dengan lingkungannya

DFDData Flow Diagram, merupakan diagram yang menggambarkan aliran data dan proses yang terjadi di dalam system

ERDEntity Relationship Diagram, merupakan diagram yang menggambarkan relasi antara entitas dan atribut dari masing-masing entitas.

AdminMerupakan seseorang yang bertanggungjawab untuk mengatur proses transaksi peminjaman dan pengembalian serta bertanggungjawab terhadap operasional sistem.

DBMSDatabase Management System

1.4 ReferensiDokumen-dokumen yang digunakan sebagai referensi dalam pembuatan SKPL ini adalahsebagai berikut:1. IEEE Std 830-1993, IEEE Recommended Parctice for Software Requirement Specifications.2. Software Engineering, Aparctitioner 's Approach 5th edition, Roger S Pressman, Mc GrawHill, 2001.1.5 SistematikaSecara umum dokumen SKPL ini terbagi atas 3 bagian utama. Bagian utama berisi penjelasan mengenai dokumen SKPL tersebut yang mencakup tujuan pembuatan SKPL, ruang lingkup masalah dalam pengembangan perangkat lunak tersebut, definisi, referensi dan deskripsi umum tentang dokumen SKPL ini.Bagian kedua berisi penjelasan umum tentang perangkat lunak SIJUPE yang akan dikembangkan, mencakup perspektif produk yang akan dikembangkan, fungsi produk perangkat lunak, karakteristik pengguna, batasan dalam penggunaan perangkat lunak dan asumsi yang dipakai dalam pengembangan perangkat lunak SIJUPE tersebut.Bagian ketiga berisi penjelasan secara lebih rinci tentang kebutuhan perangkat lunak SIJUPE yang akan dikembangkan.

BAB 2DESKRIPSI UMUM

2.1 PerspektifSIJUPE merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk membantu pengelolaan dan manajemen angkutan umum. Sistem ini menangani pengelolaan data supir, pengelolaan data mobil, pengelolaan absen, pengelolaan pengeluaran, pengelolaan penyetoran, pengelolaan gaji.Perangkat lunak SIJUPE ini berjalan pada platform Windows XP dan seri yang ada diatasnya untuk perangkat komputer, dan dibuat menggunakan bahasa pemrograman Delphi. Sedangkan untuk lingkungan pemrogramannya menggunakan Embarcadero RAD Studio 2010.Pengguna akan berinteraksi dengan sistem melalui antarmuka GUI (Graphical User Interface). Hubungan antara Sistem Informasi Juragan Pete-Pete dengan entittas luar dan antarmuka yang digunakan dapat dilihat pada diagram berikut :

Jam KeluarJam MasukMendata SupirMendata PemasukanMenyetorInput Data SupirKartu SupirGajiInput PemasukanLaporan Data SupirLaporan PemasukanPemilikMendaftar

Gambar 1. Gambar Digram Konteks2.2 KegunaanSistem informasi pengelolaan angkutan umum ini dapat memberikan keuntungan bagi pemilik angkutan umum. Keuntungan yang bisa diperoleh antara lain sebagai berikut 1. Memberikan kepastian mengenai pendapatan tiap hari, bulan maupun tahun.2. Memberikan kemudahan kontrol absensi maupun penyetoran.3. Mengoptimalkan kinerja supir.4. Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pemilik angkutan umum dalam dalam mengelolah usahanya. 2.3 Karakteristik PenggunaKarakteristik dari pengguna Sistem Informasi Juragan Pete-Pete adalah seperti terlihat pada tabel Karakteristik Pengguna sebagai berikut:Kategori PenggunaTanggung JawabHak Akses

SupirMengemudi angkutan umumMelihat dan mengirimkan informasi

AdminMengelola data supir, data mobil, data transaksi keuangan, mencetak laporan keuangan, Akses penuh ke semua data termasuk menambah dan mengurangi data

2.4 Batasan-batasanPengembangan Sistem Informasi Juragan Pete-Pete ini memiliki keterbatasan-keterbatasan yaitu sebagai berikut :1. Sistem Informasi Juragan Pete-Pete hanya dapat dijalankan di sistem operasi Windows.2. Sistem Informasi Juragan Pete-Pete akan dibangun menggunakan bahasa pemrograman Delphi dan databasenya menggunakan MySQL.

2.5 Asumsi dan KetergantunganPengembangan perangkat lunak Sistem Informasi Pengelolaan dan Manajemen Angkutan Umum ini menggunakan asumsi-asumsi sebagai berikut :1. Sistem hanya dapat diakses dari komputer yang ter-instal aplikasi SIJUPE.2. Hanya admin yang dapat mengakses.

BAB 3SPESIFIKASI KEBUTUHAN

3.1 KebutuhanFungsional3.1.1 PendahuluanKebutuhan Fungsional adalah kebutuhan tambahan yang memiliki input, proses, dan output. Kebutuhan Fungsional ini harus dipenuhi agar suatu system dapat berjalan. Kebutuhan fungsional yang harus ada dalam sistem yang akan dikembangkan ini adalah sebagai berikut:1. Sistem mempermudah admin dalam penilaian kinerja supir.2. Sistem menyediakan informasi tentang data supir.3. Sistem menyediakan informasi tentang transaksi yang terjadi dalam system.4. Sistem memudahkan Admin untuk mencetak pelaporan keuangan.

3.1.2 InputBerdasarkan Use Case Diagram, input yang terjadi pada system:1. Input pada Pengisian Data Supir:Admin memasukkan data penyewa serta dapat melakukan perubahan data penyewa apabila diperlukan.2. Input pada Pengisian Data MobilAdmin menginput data kamar serta memanipulasi data mobil3. Input pada AbsenAdmin menginput jam kedatangan dan kepulangan supir4. Input pada PenyetoranAdmin menginput data transaksi penyetoran yang dilakukan oleh supir5. Input pada PengeluaranAdmin menginput ID Supir dan data transaksi pengeluaran berdasarkan jenisnya6. Input pada Pencetakan Slip Pembayaran GajiAdmin menginput ID Supir yang yang akan menerima gaji.3.1.3 Proses Berdasarkan Use Case Diagram, proses yang terjadi pada system:1. Proses pada Pengisian Data Supir:Sistem akan membaca masukan dari admin kemudian menambah atau melakukan perubahan pada data supir dan menyimpannya ke database2. Proses pada Pengisian Data MobilSistem akan membaca masukan dari admin kemudian menambah atau melakukan perubahan pada data mobil3. Proses pada AbsenSistem akan membaca penginputan jam masuk dan jam pulang supir kemudian menghitung jam kerja supir dalam sehari.

4. Proses pada PenyetoranSistem akan mengelolah setoran dari supir untuk menghitung gaji maupun menilai kinerja supir5. Proses pada PengeluaranSistem memproses pengeluaran berdasarkan jenis pengeluaran yang dimasukkan6. Proses pada Pencetakan Slip Pembayaran GajiSistem akan memilih slip pembayaran gaji yang akan ditampilkan berdasarkan ID supir yang dimasukkan.3.1.4 OutputBerdasarkan Use Case Diagram, output yang terjadi pada system:1. Output pada Pengisian Data Supir:Sistem akan menampilkan data supir yang telah dimasukkan atau menampilkan data supir yang akan dirubah datanya2. Output pada Pengisian Data MobilSistem akan menampilkan data mobil yang telah dimasukkan atau menampilkan data mobil yang akan dirubah datanya3. Output pada AbsenSistem akan menampilkan absensi supir oleh admin4. Output pada PenyetoranSistem akan menampilkan data setoran supir

5. Output pada PengeluaranSistem akan menampilkan data pengeluaran yang telah 6. Output pada Pencetakan Slip Pembayaran GajiSistem akan menampilkan atau mencetak slip laporan gaji3.2 Kebutuhan Antarmuka Eksternal3.2.1 Antarmuka PenggunaAntarmuka pengguna akan dikembangkan dengan menggunakan modus grafik atau Graphical User Interface (GUI). Pemakai berinteraksi dengan perangkat lunak melalui tampilan menu, menerima masukan dari pemakai melalui perintah yang diklik pada mouse atau yang diketikkan melalui keyboard. Keluaran dari perangkat lunak ini dapat dilihat pemakai dengan menggunakan monitor secara langsung.3.2.2 Antarmuka Perangkat KerasSistem dapat dioperasikan pada PC Dekstop dan Notebook serta terlihat dalam resolusi display 1024x768 dan 800x600. Sistem dapat diakses pada komputer dengan spesifikasi hardware minimal, yakni Hard Disk 1 GB, Memori RAM 512 MB, dan Processor Intel atau AMD 1.0 GHz3.2.3 Antarmuka Perangkat LunakSistem dapat dijalankan pada lingkungan sistem operasi Microsoft Windows XP dan seri yang ada diatasnya untuk perangkat komputer.

3.2.4 Antarmuka KomunikasiSistem berbasis desktop dan bukan jaringan atau network sehingga tidak membutuhkan alat komunikasi khusus untuk menjalankannya namun hanya bisa digunakan pada computer yang sudah di-install aplikasi SIJUPE.3.3 Kebutuhan Performansiuntuk meningkatkan kinerja sistem ini dibutuhkan kriteria spesifikasi ukuran kuantitatif yang harus dipenuhi oleh perangkat lunak. Sistem ini diharapkan dapat membutuhkan waktu yang sedikit dalam menyelesaikan setiap tahapan proses. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin besar troughput yang dapat dihasilkan. Meningkatnya kecepatan ini diharapkan dapat terjadi di setiap tahapan proses ataupun pekerjaan yang besarnya ini bergantung pada jenis prosesnya 3.4 Kendala Disain3.4.1 Standard Compliance 1. Sistem tidak akan merubah file-file ataupun database yang ada pada saat ini tanpa adanya izin dari pemilik sistem.2. Harus ada konsistensi dalam nama variabel dalam sistem. 3. Antarmuka pengguna grafis harus memiliki tampilan dan nuansa yang konsisten.4. Sistem operasi windows yang digunakan harus berlisensi asli

3.4.2 Perangkat Keras1. Pengoperasian system ini hanya dapat dilakukan di PC atau laptop yang sudah ter-instalasi SIJUPE2. Pengoperasian dilakukan dengan keyboard dan mouse 3.5 Atribut3.5.1 Keamanan SistemUntuk memproteksi perangkat lunak dari akses, penggunaan, pengubahan, penghancuran atau pengungkapan (disclosure) yang tidak disengaja atau yang merusak. Kebutuhan yang spesifik termasuk hal-hal berikut:1. Adanya back up data sehingga data lebih reliable2. Penyimpanan data log/history3.5.2 PemeliharaanAdanya pemeliharaan dan pengecekan berkala yang akan dilakukan terhadap program yang berjalan ataupun pengecekan baik terhadap perangkat lunak itu sendiri ataupun hardware yang digunakan. Untuk pemeliharaan tiap harinya, sistem ini harus dilengkapi antivirus sehingga meminimalkan kerusakan pada sistem serta terdapat back up data untuk mencegah hal-hal tidak terduga yang tidak diinginkan.

3.6 Kebutuhan Lain 3.6.1 Database Database berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua data yang dimasukkan dari aplikasi dan dapat dipanggil oleh aplikasi untuk diproses serta menyimpan hasil dari proses tersebut.3.6.2 PengoperasianPengoperasian sistem dilakukan dengan menggunakan PC maupun laptop yang sudah ter-instal dengan aplikasi.3.6.3 Penyesuaian TempatPenggunaan database MySQL untuk menyimpan data-data pada hardware yang telah ter-instal aplikasi menyesuaikan tempat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Supir

Admin

Sistem Informasi Juragan Pete-Pete

Admin

Use Case

Registrasi

Penyetoran

Pemilik

Supir

Pengeluaran

Laporan

Absensi