Click here to load reader

instrumentasi praktek

  • View
    220

  • Download
    3

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Alat ukur tinggi badan berbasis arduino adalah alat ukur yang menggunakan sensor ultrasonic sebagai penangkap sinyalnya serta arduino sebagai mikrokontroler. Dengan berdiri di bawah sensor tersebut, kita dapat mengetahui tinggi badan kita secara otomatis yang didisplay pada LCD. Sensor ini menangkap sinyal dari ujung kepala kita.

Text of instrumentasi praktek

  • 1. ALAT UKUR TINGGI BADAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO Kelompok : Anggota : Ahmad Fauzi Ali Fitrianis Linda Arnisda
  • 2. Alat Pengukur Tinggi Badan Otomatis Alat ukur tinggi badan berbasis arduino adalah alat ukur yang menggunakan sensor ultrasonic sebagai penangkap sinyalnya serta arduino sebagai mikrokontroler. Dengan berdiri di bawah sensor tersebut, kita dapat mengetahui tinggi badan kita secara otomatis yang didisplay pada LCD. Sensor ini menangkap sinyal dari ujung kepala kita.
  • 3. Alat-alat yang digunakan Arduino UNO Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328. Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 input analog, 16MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset.
  • 4. Data Sheet Arduino
  • 5. Sensor Ultrasonik HC-SR04 Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh telinga manusia, yaitu kira-kira di atas 20 kiloHertz. Hanya beberapa hewan, seperti lumba-lumba menggunakannya untuk komunikasi, sedangkan kelelawar menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi.
  • 6. Data Sheet Sensor Ultrasonik HC-SR04 Ultrasonic HC-SR04 mempunyai kemampuan menangkap sinyal dari range 2cm-40cm. fungsi pengukuran akurasi bisa mencapai 3mm. Prinsip dasar cara kerja sensor ultrasonic: 1. Menggunakan IO dengan 10us sinyal maksimum. 2. Sensor otomatis mengirim delapan 40 kHz dan mendeteksi apakah ada sinyal pulsa kembali. 3. IF sinyal kembali melalui sinyal maksimum, waktu output tinggi. Waktu IO adalah waktu dari pengiriman ultrasonik untuk kembali. Uji jarak = (waktu maksimum x kecepatan suara).
  • 7. LCD (Liquid Crystal Display) LCD adalah suatu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media refleksinya. Dalam dunia elektronika LCD digunakan sebagai tampilan atau layar yang lebih hemat energy. Liquid Crystal Display (LCD) itu sendiri adalah sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan.
  • 8. Laptop atau PC Kabel sambungan USB Beberapa Kabel Tiang
  • 9. Cara Kerja Alat Saat kita berdiri di bawah sensor ultrasonic, maka sensor tersebut akan mementulkan sinyal ultrasonic dari ujung kepala kita(objek yang berdiri di bawahnya) kembali menuju sensor tersebut. Kemudian dapat langsung terbaca melalui LCD yang kami simpan di box yang menempel di tiang. Rumus dari output Tinggi Badan = Tinggi Tiang (jarak sinyal yang diterima + 2cm) Ditambah 2cm karena sensor ultrasonic hanya dapat menerima sinyal mulai dari 2cm sampai 4m.
  • 10. Perancangan Software
  • 11. Perancangan Hardware Hubungkan pin sensor ultrasonic, pin Arduino, dan pin LCD seperti terlihat pada skema di atas dengan menggunakan kabel male dan female. Pastikan kabel tersambung dengan baik dan benar.
  • 12. Pembuatan Tiang Potong pipa dengan ukuran 1m, 2 buah. 0.25m sebanyak 4 buah dan 0.5m sebanyak 2buah. Pipa yang berukuran 0.25m disambungkan dengan pipa yang berukuran 0.5m sebagai dasar dari tiangnya. Kemudian, pipa yang berukuran 1m menjadi parameter ketinggian dan yang berukuran 0.5m sisanya sebagai tempat sensor ultrasoniknya. Masukkan kayu ke dalam pipa yang berukuran 2m (parameter ketinggian)agar pipa menjadi tegak.
  • 13. Pembuatan Box Potong acrylic menjadi 4 bagian. Kemudian, bor acrylic sesuai dengan letak dari Arduino UNO dan LCD. Setelah itu, lem acrylic tersebut sehingga menjadi sebuah box kecil. Pasangkan Arduino UNO dan LCD pada box tersebut dan kencangkan dengan menggunakan mur dan baut. Langkah terakhir, tempelkan box tersebut di tiang yang telah jadi. Kemudian kencangkan dengan mur dan baut.
  • 14. Hasil Akhir
  • 15. Data Hasil Pengukuran No Error atau tidak sesuai karena dipengaruhi oleh rambut yang mengembang Nama Tinggi Badan(cm) 1 Budi Antoni 167 2 Ahmad Fauzi Ali 170 3 Fikriani Anggitasari 161 4 Desi Dwidawanti 150 5 Ely Rohaeti 152 6 Linda Arnisda 151 7 Siti Fatimah Aulia 161 8 Lily Sardinia 158 9 Ibnu Hanafi 175 10 Wildan Fuadi Rahman 172 11 Ilham Khoiruman 169 12 Pak Arman Error
  • 16. Anggaran Biaya No Nama Komponen Spesifikasi Jumlah Harga 1 Arduino + kabel USB Arduino UNO 1 Rp. 350.000 2 Sensor Ultrasonik HC-SR04 1 Rp. 42.000 3 Lcd Display Lcd 16x2 1 Rp. 40.000 4 Kabel male+female 20 Rp. 20.000 5 tiang 1 Rp.45.000 6 mur dan baut 10 Rp.10.000 Total RP.507.000
  • 17. kesimpulan Arduino UNO dapat memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk instrumentasi sebagai mikrokontroler yang canggih. Manfaat sensor ultrasonic banyak sekali, salah satunya yaitu sebagai sensor pendeteksi jarak dengan menangkap sinyal berbentuk suara. Alat ukur tinggi badan yang menggunakan sensor ultrasonic dan Arduino ini sangat memudahkan kita untuk mengetahui tinggi badan kita dengan cara berdiri di depan tiang, kemudian sensor akan membacanya lewat pantulan dari kepala kita dan langsung terlihat hasilnya di lcd. Alat tersebut akan berfungsi apabila kita mengcompile dengan pemograman bahasa C yang benar.
  • 18. Daftar pustaka Arduino.cc n.n, 2011. Belajar Mikrokontroler. http:// Microcontroller Pengantar Belajar Arduino.htm.[8 Januari 2013]. n.n, 2011. Arduino UNO. http://Arduino Uno Dunia Hobi Robotika dan Arduino.htm. [8 Januari 2013]. n.n, 2010. Definisi dan pengertian LCD. http:// Inverter Plus Charger DefinisI dan Pengertian LCD Liquid Crystal Display htm. [8 Januari 2013]. n.n, 2012. Sensor Ultrasonik. http:// Sensor Ultrasonic SRF05 _ mochin.htm [8 Januari 2013].

Search related