Peralatan Tangan Dan Alat Ukur

  • View
    166

  • Download
    7

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Peralatan Tangan Dan Alat Ukur

Text of Peralatan Tangan Dan Alat Ukur

PERALATAN TANGAN DAN ALAT UKUR Beberapa peralatan tangan yang digunakan oleh mekanik penerbangan dapat menjadi peralatan praktek untuk menerapkan keselamatan, kehati-hatian dan penyimpanan alat yang membutuhkan pengetahuan dasar yang baik. Alat-alat yang umum digunakan Palu,palu besi dan palu kayu/plastik/karet(mallet) Palu dengan kepala besi umumnya berukuran berdasarkan berat kepalanya tanpa batangnya. Digunakan untuk membentuk bahan yang lunak atau memukul permukaan yang mudah rusak . Mallet adalah palu yang kepalanya terbuat dari karet, kayu atau kulit metal.Digunakan untuk membentuk logam yang tipis tanpa membuatnya rusak. Bila menggunakan palu atau mallet perhatikan hal berikut : Yakinkan bahwa tangkainya benar-benar kencang. Ayankan palu dengan menekuk siku, bukannya pergelangan tangan Selalu mengarahkan pukulan pada barang yang dipalu dengan menggunakan seluruh permukaan kepala palu.

Screw Drivers atau obeng Obeng digolongkan menurut : Bentuk ukurannya Bentuk matanya Panjang batangnya Tujuan penggunaan obeng adalah untuk mengencangan atau mengendorkan/melepas Sekrup atau baut berkepala sekrup.

Bila menggunakan obeng yang umum, pilihlah yang besar dan pas dengan alur/lubang pada kepala sekrup yang harus dilepas/diputar ( mata obeng harus mengisi 75 % alur/lubang sekrup). Macam-macam screw driver( Obeng )

Dua jenis kepala sekrup yang berlubang adalah Phillips,reed dan prince. obeng phillips ujung tangkainya tumpul Obeng Prince dan Reed ujungnya runcing Kedua jenis obeng ini penggunaannya tidak boleh ditukar-tukar bila digunakan pada kedua jenis sekrup diatas. Obeng Offsets dibuat sedemikian rupa dimana matanya dibengkokan 90 derajat, digunakan untuk ruangan yang sempit. Obeng dilarangf untuk digunakan sebagai : Pahat atau memotong sesuatu Digunakan untuk mengecheck rangkaian listrik ( Ujungnya akan terbakar ) Rachet atau obeng spiral dapat digunakan untuk melepas sekrup dengan cepat dengan memutar handelnya mengendorkan genggaman,dapat diputar maju atau mundur dengan arah putaran yang sama hanya dengan mengatur pendorongnya.Hanya digunakan untuk pekerjaan yang ringan.

Pliers atau tang Ada beberapa macam tang : Tang dengan satu sisi/tang potong Tang yang dapat diatur/adjustable combination plier Tang dengan ujung lancip/Needle nose pliers Tang dengan paruh bebek/Duckbill pliers Ukuran dari Tang berdasarkan panjangnya, umumnya antara 5 12 inchi Tang slip joint cocok untuk digunakan dalam pekerjaan perbaikan, dan dapat dijumpai dengan ukuran antara 5 12 inchi. Tang Flat Nose cocok untuk membuat tekukan dimana akan didapatkan tekukan yang rapi dan tajam. Tang Duck Bill cocok untuk memuntir kawat pengaman

Slip Joint atau tang kombinasi

Diagonal plier digunakan untuk memotong kawat, rivet, cotter pin dan pas untuk membuang dan memasang kawat pengaman. Tang paruh bebek dan tang diagonal umumnya digunakan pada pekerjaan pemasangan dan memotong kawat pengaman. Penting ketika menggunakan tang-tang ini : Jangan menggunakannya diluar kemampuan yang telah ditentukan karena akan menyebabkan tang rusak,patah atau bengkok Jangan gunakan tang untuk memutar baut atau mur, karena akan merusak kepala baut/mur. Punches/Pelubang Punches digunakan untuk : Menandai titik pusat lingkaran Menandai untuk memulai pembuatan lubang dengan bor Membuat lubang pada lembaran logam Memindahkan pola lubang dari kertas,karton dll Membuang paku keling yang rusak, pasak dan baut.

Ukuran punch ditentukan oleh ujungnya, biasdanya 1/8 sampai inchi. KUNCI-KUNCI/ WRENCHES Umumnya digolongkan seperti Open end, Box end, socket. Adjustable dan special wrenches. Allen wrench atau kunci L digunakan untuk baut dan sekrup yang kepalanya berlubang. Bahan pembuatan kunci-kunci/wrenches adalah chrome vanadium steel. Kunci-kunci pas dengan ujung-ujungnya terbuka dikenal dengan nama Open-end wrenches dimana rahangnya dapat sejajar dengan gagangnya atau dapat juga bersudut 90 derajat. Pada dasarnya wrenches dirancang agar pas dengan baut, mur atau barang lain dimana memudahkan untuk memutar barang tersebut. Box-end wrenches merupakan alat yang populer karena kegunaannya yang pas benar dengan kepala baut,mur atau sekrup dan memegang sekeliling baut,mur sekrup dengan pas dan kuat.Biasanya mata bagian dalam nya berjumlah 12 mata.

Socket Wrenches terbuat dalam dua bagian, Socket yang dipasang pada kepala baut dan mur dan tangkai yang dipasang pada socket.

Adjustable wrench adalah alat yang dapat diguna Kan untuk bermacam-macam kerjaan memasang Dan melepas sekrup,baut,mur dimana satu rahang Nya tetap dan rahang lainnya dapat diatur bukaan Nya sesuai dengan kepala baut/mur/sekrup yang Akan dibuka, namun tidak dapat menggantikan Fungsi open end , close end dan socket dalam hal Mengencangkannya karena mudah selip. Biasa Hanya digunakan bila kekencangan baut,mur dan sekrup tidak terlalu kuat. Perhatikan cara penggunaannya demi keselamatan kerja. Special Wrenches termasuk spanner, torque dan allen wrenches. Bila diinginkan kekencangan putaran baut,mur dan sekrup sesuai standard, maka digunakan Torque Wrench atau biasa juga disebut kunci moment. Kunci-kunci jenis ini adalah disebut Precision Tools dimana terdapat penunjukan puntiran dan tangkai. Tiga jenis Torque wrench yang digunakan adalah : Deflecting Beam Flexible beam) Dial Indicating (Rigid Frame) Micrometer setting ( Rachet Type) Bila menggunakan Deflecting beam dan dial Indicating torque, bila melewati batas puntiran akan ditunjukan. Sebelum menggunakan torque wrench perhatikan apakah ada kerusakan dan harus dicheck secara berkala untuk penunjukannya agar ketepatannya dapat diandalkan.

Rumus dasar untuk Torque wrenches adalah : FxL = T Dimana : F : Gaya yang digunakan ( harus 90 derajat terhadap L ) L : Garis tengah antara pengendali dengan gaya yang dipakai T : Torque/puntiran Nilai T merupakan angka yang tepat untuk pengencangan alat pengencang/fasteners Pada beberapa alat pengencang diperlukan pelumasan pada ulirnya sedangkan lainnya tidak diperlukan . CUTTING PEMOTONG TOOLS/ALAT

HACKSAWS/GERGAJI BESI

PAHAT BAJA/ CHISELS

FILES/KIKIR

DRILLS/BOR

REAMERS/PELEBAR LUBANG BOR

TAPS DAN DIES/ ALAT PEMBUAT ULIR

ALAT UKUR

MICROMETER

VISE /

RAGUM,/CATOK

Cornice brake

Bar folder