Click here to load reader

Dilarang mereproduksi atau memperbanyak seluruh atau · PDF file PERISTILAHAN DALAM PEMBUATAN PAKAN Peserta pelatihan perlu mengenal beberapa istilah yang sering digu-nakan dalam proses

  • View
    0

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of Dilarang mereproduksi atau memperbanyak seluruh atau · PDF file PERISTILAHAN DALAM PEMBUATAN...

  • i

  • ii

    Dilarang mereproduksi atau memperbanyak seluruh atau sebagian dari buku ini dalam bentuk atau cara apa pun tanpa izin tertulis dari penerbit.

    © Hak cipta dilindungi oleh Undang-Undang No. 28 Tahun 2014

    All Rights Reserved

  • iii

    LIPI Press

    Fauzan Ali

  • iv

    © 2015 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Pusat Penelitian Limnologi LIPI

    Katalog dalam Terbitan (KDT)

    Modul Pelatihan Membuat Pakan Ikan dan Udang/Fauzan Ali. – Jakarta: LIPI Press, 2015. x hlm. + 34 hlm.; 14,8 x 21 cm

    ISBN 978-979-799-833-2 1. Modul Pelatihan 2. Pakan Ikan dan Udang

    636.085 2

    Copy editor : M. Kadapi Proofreader : Prapti Sasiwi dan Martinus Helmiawan Penata isi : Dhevi E.I.R. Mahelingga Desainer Sampul : Dhevi E.I.R. Mahelingga

    Cetakan Pertama : September 2015

    Diterbitkan oleh: LIPI Press, anggota Ikapi Jln. Gondangdia Lama 39, Menteng, Jakarta 10350 Telp. (021) 314 0228, 314 6942. Faks. (021) 314 4591 E-mail: [email protected]

  • v

    PENGANTAR PENERBIT

    LIPI Press sebagai penerbit ilmiah memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara menyediakan terbitan yang berkualitas. Buku panduan dengan judul Modul Pelatihan Mem- buat Pakan Ikan dan Udang ini telah melewati proses penyuntingan di LIPI Press.

    Buku ini merupakan modul pelatihan yang disusun untuk bahan pelatihan budi daya ikan dan udang pada pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan di lingkungan sivitas LIPI atau pada kegiatan yang melibatkan stakeholder LIPI.

    Semoga buku ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para sivitas LIPI dan para stakeholder LIPI untuk mendapatkan hasil praktik yang lebih baik.

    Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penerbitan buku ini.

    LIPI Press

  • vi

  • vii

    PRAKATA

    Modul Pelatihan Membuat Pakan Ikan dan Udang ini disusun untuk bahan pelatihan budi daya ikan dan udang pada pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan di lingkungan sivitas LIPI atau pada kegiatan yang melibatkan stakeholder LIPI. Muatan modul ini berupa penge- nalan praktis kandungan beberapa bahan pakan yang biasa digunakan sebagai bahan baku pakan ikan dan udang, cara meramu pakan buatan, dan teknik pembuatan pakan.

    Materi dalam modul ini merujuk pada beberapa sumber terkait. Untuk hasil praktik yang lebih baik, para peserta pelatihan diharapkan membaca dan memahami isi buku ini sebelum melakukan kerja praktik pembuatan pakan buatan.

    Penulis

  • viii

  • ix

    DAFTAR ISI

    PENGANTAR PENERBIT.........................................................................v

    PRAKATA ... .............................................................................................vii

    PENDAHULUAN ..................................................................................... 1

    KEGIATAN BELAJAR 1 IDENTIFIKASI & PEMILIHAN BAHAN BAKU BUATAN ............. 5

    KEGIATAN BELAJAR 2 PENGHITUNGAN FORMULASI PAKAN....................................... 15

    KEGIATAN BELAJAR 3 PEMBUATAN PAKAN BUATAN ...................................................... 25

    LEMBAR KUNCI JAWABAN ................................................................. 31

    DAFTAR PUSTAKA ................................................................................ 33

  • x

  • Pendahuluan | 1

    PENDAHULUAN

    DESKRIPSI

    Modul ini merupakan dasar program keahlian yang menyangkut aspek-aspek keterampilan dalam membuat pakan ikan buatan agar dapat dijadikan pegangan dan acuan bagi para pembudidaya ikan dan udang dalam hal pembuatan pakan sendiri. Materi modul ini mengadopsi beberapa pengalaman peneliti di bidang nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan pada pakan ikan dan udang. Modul ini terdiri atas enam subkompetensi, mulai dari pemilihan bahan baku sampai dengan perencanaan teknik pembuatan pakan.

    Sebelum memulai praktik pembuatan pakan, para peserta pela- tihan diharapkan sudah lebih dulu menguasai cara mengoperasikan alat dan mesin pembuat pakan sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat merusak peralatan yang relatif mahal.

    PRASYARAT

    Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah telah menguasai penggunaan dan cara mengoperasikan alat dan mesin pembuat pakan dengan baik.

  • 2 | Membuat Pakan Ikan...

    PERISTILAHAN DALAM PEMBUATAN PAKAN

    Peserta pelatihan perlu mengenal beberapa istilah yang sering digu- nakan dalam proses pembuatan pakan. Hal tersebut akan membantu peserta pelatihan dalam menguasai proses pembuatan pakan. Istilah- istilah tersebut dapat dilihat pada rincian sebagai berikut. 1) Pelet: pakan buatan kering-lengkap, berukuran ±2 cm dan

    diameter 2 mm. 2) Flake: pakan buatan kering-lengkap, berbentuk seperti lem-

    baran. 3) Crumble: pakan buatan kering-lengkap, berbentuk seperti

    remah-remah. 4) Perubahan deterioratif: perubahan kimiawi pada pakan atau

    bahan pakan yang menyebabkan terjadinya perubahan aroma dan nilai nutrisi, perubahan kimiawi ini terjadi secara alami dan berhubungan dengan kandungan lipid dalam pakan.

    5) Alga: makhluk hidup yang dapat berukuran mikro atau makro, nabati atau hewani, dan habitat alaminya adalah perairan.

    PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

    Pada dasarnya, modul ini berisi pengalaman belajar tentang pe- ngetahuan, keterampilan, dan jenis praktik, baik di laboratorium maupun di lahan praktik dengan bantuan pembimbing dan teknisi atau laboran. Peserta pelatihan dapat mengikuti petunjuk penggunaan modul sebagai berikut. 1) Baca uraian teori di lembar informasi dengan saksama. 2) Perhatikan dengan baik setiap hal yang dijelaskan atau dipe ra-

    gakan oleh pembimbing atau teknisi/laboran. 3) Baca isi penjelasan di lembar kerja dengan teliti. 4) Periksa kondisi alat dan bahan praktik sesuai dengan keperluan

    dalam kegiatan praktik. 5) Usahakan mempelajari setiap bab yang telah tersusun berurutan

    dan jangan melangkah ke bab berikutnya sebelum bab yang pertama selesai dibaca.

  • Pendahuluan | 3

    6) Catat hal-hal yang dianggap penting untuk ditanyakan atau didiskusikan.

    7) Evaluasi diri sendiri dengan mengerjakan soal atau latihan yang tersedia. Soal-soal latihan 1, 2, dan 3 merujuk pada buku Membuat Pakan Ikan Buatan (Masyamsir, 2001).

    TUJUAN

    1) Tujuan Akhir Pada akhir pembelajaran, peserta pelatihan diharapkan mampu menyusun program pembuatan pakan ikan dengan memperha- tikan nilai gizi, sifat-sifat, dan ketersediaan bahan baku pakan agar sesuai dengan kebutuhan ikan.

    2) Tujuan Antara Peserta pelatihan diharapkan mampu melakukan hal-hal berikut. a) Memilih bahan baku pakan yang sesuai dengan macam-

    macam, sifat, dan ukuran bahan baku pakan. b) Menghitung kebutuhan bahan baku pakan yang sesuai

    dengan kebutuhan ikan. c) Mengetahui cara membuat pakan dengan memperhatikan

    prosedur pembuatan pakan, tujuan, dan prinsip setiap tahapan.

    d) Menghitung formulasi pakan ikan. e) Melakukan penepungan, penimbangan, pencampuran, pen-

    cetakan, dan pengeringan pakan. f ) Menyusun program pembuatan pakan ikan.

  • 4 | Membuat Pakan Ikan...

  • Kegiatan Belajar 1... | 5

    KEGIATAN BELAJAR 1

    IDENTIFIKASI & PEMILIHAN BAHAN BAKU BUATAN

    LEMBAR INFORMASI

    Dalam membuat pakan buatan untuk ikan, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah persyaratan bahan baku pakan, yaitu: 1) Bahan baku pakan tidak boleh bersaing dengan bahan makanan

    manusia. Jika manusia banyak membutuhkannya, bahan baku ini tidak boleh diberikan kepada ikan.

    2) Bahan baku pakan harus tersedia dalam waktu lama atau keter- sediaannya harus kontinu. Hindari bahan baku yang pada suatu saat ada, tetapi kemudian lenyap. Padi yang diproduksi secara massal dan nasional tentu menyebabkan ketersediaan dedak dan bekatul untuk ternak juga melimpah ruah. Sebaliknya, bahan baku yang diproduksi secara terbatas juga akan menghasilkan bahan secara terbatas.

    3) Harga bahan baku harus sebanding dengan nilai dan manfaat- nya. Bukan masalah murah atau mahalnya harga yang harus dibayarkan, tetapi berkaitan dengan nilai dan manfaat dari bahan baku tersebut. Tepung ikan, misalnya, dipatok dengan harga yang cukup tinggi. Namun, harganya sebanding dengan kandungan protein yang tinggi dan kelengkapan asam amino. Hal tersebut membuat penggunaan tepung ikan tergolong mu- rah jika dibandingkan dengan bahan baku lain. Oleh karena

  • 6 | Membuat Pakan Ikan...

    itu, secara umum jika harga bahan baku tidak sebanding de- ngan nilai dan kualitasnya, penggunaan atau perannya sebagai bahan baku sudah tersisihkan.

    4) Kualitas gizi bahan baku menjadi persyaratan penting lain- nya. Walaupun berharga murah, banyak terdapat di Indonesia, dan ketersediaannya kontinu, jika kandungan gizinya buruk, tentu bahan baku ini tidak dapat digunakan. Khusus untuk ikan, pakan buatan yang diberikan dapat dikategorikan sebagai berikut. a) Pakan alami, yaitu kelompok pakan yang berasal dari he-

    wan yang berukuran renik sampai ukuran beberapa sen- timeter yang dikultur atau dikumpulkan dari alam, con- tohnya artemia, daphnis, dan cacing sutra. Pakan alami ini dapat juga berasal dari tumbuhan, seperti fitoplankton dan daun talas.

    b) Pakan lembek, yaitu cincangan ikan-ikan rucah dan cumi- cumi yang langsung diberikan kep