Analisis swot

Embed Size (px)

Text of Analisis swot

PowerPoint Presentation

SMA NEGERI 1 REMBANG

GO!What : Berkah Rahayu adalah sebuah perusahaan emping jagungWhy : Keinginan hati, turun temurun, dan satu-satunya di Pamotan.Who : Usaha ini dijalani oleh Bapak Abdul Rochim dengan istrinya Ibu Mahmudah.When : 8 Mei 2006Where : PamotanHow : - Modal awal 5 juta. - 5 Karyawan - Cara Tradisional.ANALISIS 5W 1HBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka3AlatMesin gilingTungku kayu bakarKompor gasPengayakAlat sablonAlat pengepressPEMBUATANBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka4BahanJagungGaramBawang PutihPEMBUATANBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka5Prosesnya mulai dari pengayakan jagung untuk memilih jagung yang layak, jagung yang kualitas jelek dibuang, perebusan, rendam 2 hari, penjemuran, penggorengan dengan pasir, penggilingan, penjemuran lagi, diberi garam dan bawang putih yang telah dihaluskan, kemudian dijemur, digoreng dengan minyak, dan yang terakhir adalah pengemasan. PROSESBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka6Toko-tokoSaleSarangSlukePancurRembangJatirogoPEMASARANBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka7Opportunity KesempatanPada perusahaan emping jagung Berkah Rahayu, peluang yang ada dan bisa dimanfaatkan dengan baik adalah peluasan daerah pemasarannya untuk memperkenalkan emping jagung sebagai oleh-oleh khas Pamotan.

ANALISISPELUANG USAHABerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka8FAKTOR KEGAGALAN & KEBERHASILANFaktor KegagalanFaktor KeberhasilanDiabaikan oleh pemiliknyaPengeluaran biaya yang tinggiPengawasan perusahaan yang burukKecurangan dan pencurianLokasi usahaBencanaKomitmenMotivasiKejujuran kesehatanMengambil risikoMembuat keputusanKeadaan keluargaKeterampilan mengelola usahaKeterampilan teknisPengetahuan tentang jenis usahaBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka9STRENGHT (S)Rasa emping jagung yang enak digunakan sebagai camilan serta berkualitas.Harga murah, bisa dijangkau semua kalangan.Laris dan disukai banyak orang.Alami tanpa bahan kimia dan pengawet.

ANALISIS SWOTBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka102. WEAKNESS (W)Bahan baku tergantung musim panen jagung.Saat musim penghujan terkendali proses penjemuran.Waktu produksi terbatas.Hanya bertahan 1 bulan karena tidak menggunakan pengawet.ANALISIS SWOTBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka113. OPPORTUNITY (O)Merupakan oleh-oleh khas Pamotan.Menambah jangkauan pemasarankarena tidak menggunakan pengawet.ANALISIS SWOTBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka124. THREAT (T)Makin maraknya produk makanan ringan dengan berbagai rasa.ANALISIS SWOTBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka13GAMBARBahan Baku

BerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka17GAMBARPerandaman

BerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka18GAMBARPenjemuran

BerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka19GAMBAREmping belum dibumbui dan Siap goreng

BerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka20GAMBARTungku dan Alat penggiling

BerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka21GAMBARAlat pengayak dan kompor gas

BerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka22GAMBARTimbangan, alat press, dan bawang putih

BerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka23GAMBAREmping siap kemas dan yang sudah dikemas

BerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka24THE ENDTHANKS FRIENDSBerandaMateriGambarPenyusunDaftar Pustaka25