Buletin Edisi 9

  • View
    257

  • Download
    16

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Buletin Edisi 9 SMP Santa Maria Pekanbaru

Text of Buletin Edisi 9

  • 1

  • 2

  • 3

    KATA PENGANTAR

    Hai, hai , hai ...

    Bertemu lagi dengan tim redaksi SSM yang

    selalu setia memberi ulasan tentang berbagai

    kegiatan yang terjadi di SMP Santa Maria. Dan

    kami juga mengucapkan terima kasih untuk teman-

    teman setia pembaca bulletin SSM yang telah

    memberikan saran, kritik demi tercapainya mutu

    SSM.

    Beberapa artikel seperti Studi Banding,

    Syukuran Natal dan Tahun Baru Imlek. Retret

    kelas 9 di Sumut, Request , Puisi, Humor, Profil,

    dan lain-lain kami sajikan dengan baik. Akhir kata

    kami dari redaksi SSM mengucapkan selamat

    membaca!

    Cheers!

    Dapur Redaksi

    Daftar Isi

    STUDI BANDING 4

    BERBAGI 8

    BAKSOS 9

    REKOLEKSI 10

    HUMOR 12

    WOW 14

    PUISI 16

    CERPEN 19

    KOMIK 20

    REQUEST 24

    MUSIC 28

    MOTIVASI 30

    PROFIL 32

    HOROSKOP 33

    PROFIL 40

    MOTIVASI 41

    TTS 43

    RETRET 44

    GALERI FOTO 49

  • 4

    BERITA UTAMA

    Studi Banding ke Padang

    Kali ini SMP Santa Maria kita tercinta melakukan kunjungan SMP Maria yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Sekolah ini dibawah naungan Yayasan Prayoga Padang. Program OSIS SMP Santa Maria ini bertujuan untuk membandingkan SMP Santa Maria dengan SMP Maria Padang, menambah kemampuan sosialisasi murid, memperat hubungan antara sekolah, dan saling memperbaiki kekurangan masing-masing sekolah.

    Perjalanan ini dimulai pada hari Minggu tanggal 12 Januari 2014 pukul 07.30.Acara ini diikuti oleh anak OSIS SMP Santa Maria dan beberapa murid yang bukan pengurus OSIS. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 10 jam termasuk makan siang. Makan siang di rumah makan Terang Bulan.

    Di tengah perjalanan ke Padang, kami juga dibelikan kue Bika yang enak oleh Pak Rikardo Nainggolan.Kami sampai di Padang sekitar pukul 5 sore. Sesampainya di Padang, kami disambut oleh murid-murid SMP Maria Padang dengan hangat.

    Kami saling bersalaman dengan warga SMP Maria Padang. Setelah acara salam-salaman,

    kami dipersilahkan mempersiapkan diri. Setelah itu, kami makan malam.Makan malam kami telah dipersiapkan oleh SMP Maria.Kami disajikan oleh makanan pedas khas Padang.

    Setelah makan malam , kami mengikuti acara perkenalan antar sekolah. Perkenalan dari SMP Maria berupa dokumen power point yang berisi tentang foto-foto kegiatan OSIS SMP Maria. Sedangkan perkenalan SMP Santa Maria berupa film dokumenter yang dibuat oleh pengurus OSIS. Film dokumenter SMP Santa Maria ini berisi tentang pengenalan Gedung SMP Santa Maria dan juga tentang kegiatan OSIS.

    Selanjutnya dilanjutkan dengan pengenalan guru-guru SMP Maria dan juga pengenalan guru SMP Santa Maria yang ikut studi

  • 5

    banding.Guru-guru yang ikut studi banding yaitu, Bu Lourdes Hutapea, Bu Ana Mardanita, dan Pak Rikardo Nainggolan. Dan juga ada kata pembuka dari kepala sekolah SMP Maria ,dan juga kata pembuka dari Bu Lourdes, selaku wakil kesiswaan. Sedangkan dari pengurus OSIS, kata pembuka dari ketua OSIS dan ketua MPK dari SMP Santa Maria yaitu Cindy Irawan dan Kenny Wisuda.Sayangnya ketua OSIS SMP Maria sedang sakit dan tidak bisa menghadiri acara perkenalan kita.

    Setelah acara perkenalan, kami disajikan berbagai snack yaitu gorengan dan juga minuman hangat dari SMP Maria. Setelah itu kami dipersilahkan tidur.Pada hari Senin tanggal 13 Januari 2014, kami diperbolehkan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) SMP Maria. Pembagian kelas berbeda-beda, sesuai dengan tingkatan masing-masing. Oh ya, SMP Maria Padang memiliki 2 program belajar yaitu Kelas Regular dan Kelas Akselerasi. Kelas Akselerasi yaitu kegiatan belajar lebih cepat tamat, jika pada

    umumnya SMP memerlukan waktu 3 tahun untuk tamat, kelas Aksel hanya membutuhkan waktu 2 tahun. Tentunya murid-murid akselerasi merupakan murid yang pintar dan ber-IQ tinggi.

    Setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, ada perlombaan cerdas cermat antar SMP Santa Maria dan SMP Maria. Masing-masing sekolah mengirimkan 3 kelompok. Kelompok pertama dari SMP Santa Maria terdiri atas Cindy Irawan, Thierris Nora Kusuma, dan Viona Kinsella.Kelompok kedua terdiri atas Kenny Wisuda, Jennifer Wuliani, dan Carmelia Gaby. Dan kelompok ketiga terdiri atas Zulkem Rio, Sylvia Paramitha, dan Ivan Ardhian. Dan dari SMP Maria, kelompok pertama terdiri atas Rino, Albert, danTakkas. Kelompok kedua terdiri atas Chika, Jojo dan seseorang lagi.Kelompok ketiga terdiri atas Lisabel dan yang lainnya. Setelah itu, ada lagi lomba futsal beberapa yang ikut yaitu Zulkem Rio, Edwin Christian, Dheo Benvenito, Yohanes Anugrah, Kevin Hasiholan, Viktor Firstkiel, Adventus dan lain-lain.

    Setelah perlombaan-perlombaan, kami jalan-jalan ke SMA Don Bosco.SMA Don Bosco ini keren dan luas. Kami mengelilingi SMA Don Bosco , kami juga pergi ke perpustakaan Don Bosco dan juga pergi ke laboraturium IPA. Dan tidak lupa kami foto bersama

  • 6

    di Don Bosco.Setelah itu, kami maka siang yang telah dipersiapkan.

    Lalu, kami diberikan waktu istirahat. Setelah beristirahat kurang lebih setengah jam, kami diajak oleh para guru pergi ke pantai. Setelah tiba di pantai, pastinya kami berfoto-foto ria dan juga menikmati angin pantai yang berhembus. Lalu , kami mengelilingi kota Padang. Setelah itu, kami kembali ke SMP Maria.

    Makan malam kami yaitu nasi bungkus khas Padang.Setelah makan malam, kami akan mengikuti acara Pensi yaitu Pentas Seni. Dalam Pensi ini akan menampilkan beberapa penampilan dari masing-masing sekolah. Dari SMP Santa Maria tercinta ini akan menampilkan Paduan Suara, Stand Up Comedy dan Drama. Sedangkan dari SMP Maria menampilkan Paduan Suara, Nyanyian dari Julia dan Jessica Chanwa yang suaranya keren banget, dan ada juga band Revenge , Pom-Pom Boys, modern dance, Country Dance dan lain-lain.

    Stand Up Comedy dari SMP Santa Maria terdiri dari Kevin Fatli, Zulkem Rio dan Desmonth Misfa. Stand Up Comedy dari mereka buat semua ngakak deh. Paduan Suara dari SMP Santa Maria menyanyikan lagu Mars SMP Santa Maria.Dan drama yg ditampilkan bertema komedi.

    Dari SMP Maria, mereka menyanyikan beberapa lagu dalam Paduan Suara, jika Pom-pom Boys, ada beberapa cowok menarikan dance dengan pom-pom lagu mereka adalah Gee SNSD. Setelah acara itu, karena waktu sudah larut, maka kami pun beristirahat.

    Besok paginya, kami bangun pagi dan mempersiapkan diri. Setelah mempersiapkan diri, kami sarapan pagi yaitu nasi lemak, nasi goreng, mi goring dan lain-lain. Setelah itu, kami berfoto bersama di depan SMP Maria dan juga bersalam-salaman dengan murid SMP Maria. Kemudian, kami menempuh perjalanan ke Pekanbaru.

    Sebelum ke Pekanbaru, kami singgah ke Lembah Anai untuk foto-foto. Lembah Anai merupakan air terjun.Setelah itu, kami pergi ke Bukittinggi untuk jalan-jalan. Tujuan utama kami adalah Jam Gadang. Setelah sampai di Jam Gadang, kami berfoto-ria di

  • 7

    sana dan juga membeli souvenir-souvenir berupa gantungan, gelang, jam pasir dan lain-lain. Kami diberi waktu kurang lebih setengah jam.

    Tak terasa setengah jam sudah berlalu, dan kami menuju ke tempat perjualan sanjai. Kami

    membeli beraneka sanjai sebagai oleh-oleh. Setelah membeli, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Pekanbaru dimulai pukul 14.00. Kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam untuk ke Pekanbaru.

    Setelah kira-kira 4 jam, kami sampai di Rumah Makan Terang Bulan untuk makan malam. Setelah makan dengan puas, kami melanjutkan perjalanan kami yang kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk sampai ke Pekanbaru. Kami memulai perjalanan kami dari Terang Bulan kira-kira pukul 19.00.

    Dalam perjalanan pulang, kami bernyanyi bersama, bercanda ,ngobrol dan juga tidur. Kami sampai di Pekanbaru kira-kira pukul 23.00.Walau lelah, tapi kami menikmati studi banding ke Padang ini.

    Sylvia Paramitha (8H) & Jennifer Wuliani (8C)

  • 8

    BERITA

    Berbagi Kasih Diawal Tahun

    Sekolah kita, SMP Santa Maria

    mengadakan sebuah acara yang diadakan

    pada 25 Januari. Acara kali ini, kita adakan

    untuk merayakan natal tahun baru dan

    juga imlek. Sekolah kita membagi acara

    menjadi acara ibadah, hiburan serta tidak

    lupa untuk kita berbagi kasih lewat baksos

    ini. Iya, bakti social ini kita adakan untuk

    berbagi rasa bahagia kita kepada sekeliling

    juga. Kita seharusnya patut mensyukuri

    apa yang telah diberi Tuhan kepada kita ini.

    Mulai dari akhir Desember ini, kita sudah

    mulai mengumpulkan berbagai macam

    sembako. Seperti Indomie, gula pasir, teh,

    tepung, minyak goreng dan yang lainnya

    kita kumpulkan. Dari yang kita

    sumbangkan inilah dapat menyukseskan

    acara baksos kita ini. Guru-guru kita telah

    mempersiapkan baksos kumpulan siswa

    300 bungkus untuk diberikan nantinya.

    Tentunya dengan bantuan Ketua RT di

    daerah sekolah kita ini. Kita dapat mendata

    orang-orang di sekitar kita yang

    membutuhkannya.

    Bukan hanya guru, orang tua murid juga

    ikut berpastisipasi dalam baksos ini,

    terjalin kerja sama yang solid tampak antar

    guru dan juga orang tua ini. Setelah acara

    ibadah selesai, mulai banyak warga sekitar

    yang berdatangan. Kita menyambut

    dengan senyum ramah. Warga sekitar

    cukup antusias dengan dibuktikan bahwa

    banyak yand datang. Mereka mengaku

    sangat terbantu dengan baksos ini. Mereka

    mengucapkan terima kasih kepada pihak

    SMP Santa Maria karna telah membantu

    mereka. Senyum bahagia tersirat disetiap

    wajah orang yang berdatangan.

    Mereka berharap baksos ini akan ada

    untuk seti