Dr.dina-Kuliah Transport & Pencampuran Makanan

  • View
    4

  • Download
    0

Embed Size (px)

DESCRIPTION

digestive

Transcript

  • Kuliah Transport & Pencampuran Makanan

    Oleh : dr. Dina

  • Pencernaan.............Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme di mana suatu makhluk hidup memproses sebuah zat, dalam rangka untuk mengubah secara kimia atau mekanik sesuatu zat menjadi nutrisi

  • Pengaturan Transport Pencernaan dan Absorpsi Proses proses Pencernaan1. Ingesti: Masuknya makanan ke dalam mulut2. Pemotongan dan Penggilingan makanan dilakukan secara mekanik oleh gigi. Makanan kemudian bercampur dengan saliva sebelum ditelan.3. Peristalsis adalah gelombang kontraksi otot polos involunter yang menggerakan makanan tertelan melalui pencernaan.

  • Cont,,4. Digesti adalah hidrolisis kimia (penguraian) molekul besar menjadi molekul kecil sehingga absorpsi dapat berlangsung.5. Absorpsi adalah penggerakan produk akhir pencernaan dari lumen saluran pencernaan ke dalam sirkulasi darah dan limfatik sehingga dapat digunakan oleh sel tubuh.6.Egesti ( Defekasi ) adalah proses eliminasi zat zat sisa yang tidak tercerna, juga bakteri dalam bentuk feses dari saluran pencernaan.

  • Diagram sistem pencernaan manusiaKelenjar ludahParotisSubmandibularis (bawah rahang)Sublingualis (bawah lidah)Rongga mulutTekak / FaringLidahKerongkongan / EsofagusPankreasLambungSaluran pankreasHati

  • Cont,, Kantung empeduUsus dua belas jari (duodenum)Saluran empeduUsus besar / KolonKolon datar (transverse)Kolon naik (ascending)Kolon turun (descending)Usus kecil (ileum)SekumUmbai cacingPoros usus / RektumAnus

  • 1. Kelenjar Ludah Pada rongga mulut terdapat tiga macam kelenjar ludah (saliva) yang menghasilkan cairan ludah dan berperan dlm pencampuran mak. Kelenlar-kelenjar tersebut adalah: 1) kelenjar parotis, yang terletak di dekat telinga, 2) kelenjar submaksilaris yang terletak di bawah rahang atas, 3) kelenjar submandibularis yang terletak di bawah lidah

  • Cont,, Cairan ludah berfungsi untuk: 1) memudahkan dalam menelan makanan karena makanan tercampur dengan lendir dan air 2) melindungi rongga mulut dari kekeringan, panas, asam dan basa 3) membantu pencernaan kimiawi, karena kelenjar ludah menghasilkan enzim ptialin (amilase) yang berperan dalam pencernaan amilum menjadi maltosa dan glukosa, enzim ini berfungsi dengan baik pada pH netral (pH 7)

  • 2. MulutMulut manusia berupa rongga yang dilapisi oleh jaringan epitel pipih berlapis banyak. Dalam rongga tersebut terdapat alat pencernaan seperti gigi, lidah, dan kelenjar ludah (kelenjar saliva) yang membantu proses pencernaan mekanis dan kimiawi.

  • 3. Pankreas Di dalam getah pankreas terdapat enzim-enzim pencernaan, yaitu: a) Tripsinogen berupa proenzim suatu protease yang belum aktif. Tripsinogen akan diaktifkan oleh enterokinase yang dihasilkan usus halus menjadi tripsin. Tripsin berfungsi memecah protein menjadi Peptonb) Kimotripsinogen merupakan proenzim yang akan diaktifkan oleh tripsin menjadi kimotripsin yang berfungsi mengubah protein dan proteosa menjadi pepton, perptida dan asam amino

  • Cont,, c) Lipase Pankreas( steapsin) merupakan enzim yang memecah emulsi lemak menjadi asam lemak dan gliserol. d) Amilopepsin (amylase pankreas) meruupakan enzim yang memecah amilum dan dekstrin menjadi maltose dan glukosa. e) Ribonuklease dan deoksiribonuklease, merupakan enzim yang mencerna

  • 4. LambungLambung (bahasa Inggris: stomach; bahasa Belanda: maag) atau ventrikulus berupa suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan.Fungsi lambung secara umum adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap. Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerahKardia.Fundus.Pilorus.

  • Cont,,Getah lambung mengandung asam lambung (HCI), pepsin, musin, dan renin. Asam lambung berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.Pepsin merupakan enzim yang dapat mengubah protein menjadi molekul yang lebih kecil.Musin merupakan mukosa protein yang melicinkan makanan.

  • Cont,,Renin merupakan enzim khusus yang hanya terdapat pada mamalia, berperan unt mengubah kaseinogen menjadi kasein. Kasein digumpalkan oleh Ca2+ dari susu sehingga dapat dicerna oleh pepsin.

  • 5. HatiBerdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

  • 6. Kantung EmpeduKantung empedu atau kandung empedu (Bahasa Inggris: gallbladder) adalah organ berbentuk buah pir yang dapat menyimpan sekitar 50 ml empedu yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan.Organ ini terhubungkan dengan hati dan usus dua belas jari melalui saluran empedu.

  • 7. Usus Halus (Intestinum Tenue) Penyerapan sari-sari makanan kedalam dinding usus melalui berbagai cara, yaitu secara: difusi, osmosis, difusi difasilitas, endositosis, dan transport aktif.Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu: a) duodenum (usus dua belas jari), panjangnya 25 cm, b) jejenum (usus kosong) panjangnya 2,5 m, c) ileum (usus penyerapan) panjangnya 4 m.

  • Cont,,Getah usus mengandung: a) Peptidase, merupakan kelompok enzim yang memecah polipeptida menjadi asam aminob) Maltase, laktase, dan sukrase merupakan enzim yang memecah disakarida (maltosa, laktosa, dan sukrosa) menjadi monosakarida enzim-enzim tersebut disebut juga disakase,

  • Cont,,c) Lipase usus, merupakan enzim yang memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol d)Erepsinogen, merupakan proenzim yang diaktifkan oleh enterokinase menjadi erepsin yang mengubah pepton menjadi asam amino e) Enterokinase, merupakan enzim yang mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin dan erepsinogen menjadi erepsin.

  • 8. Usus BesarSecara anatomi, usus besar terbagi atas sekum kolon asenden (naik), kolon transversal (mendatar), kolon desenden (turun), rektum, dan anus. Pada kolon terjadi pengaturan kadar air feses, dan terjadi gerakan peristaltik yang mendorong sisa makanan menuju rektum atau poros usus.Bila poros usus sudah penuh, maka akan timbul rangsangan untuk buang air besar (defekasi). Rangsangan ini disebut gastrokolik.

  • Cont,,Proses pencernaan pada kolon manusia juga dibantu oleh bakteri usus Escherichia coli yang merombak sisa-sisa makanan sehingga terbentuk feses. Apabila jumlah bakteri tersebut melebihi kondisi normal, maka akan dapat menimbulkan penyakit pada usus, seperti diare.

  • 9. Anus Anus merupakan lubang akhir dari saluran pencernaan tempat keluarnya kotoran (feses). Dinding anus terdiri atas dua lapisan yaitu otot lurik pada bagian luar dan otot polos di bagian dalam. Di dalam usus dua belas jari, dihasilkan enzim dari dinding usus.

  • Cont,,Enzim tersebut diperlukan untuk mencerna makanan secara kimiawi:Enterokinase, untuk mengaktifkan tripsinogen yang dihasilkan pankreas menjadi tripsinErepsin atau dipeptidase, untuk mengubah dipeptida atau pepton menjadi asam amino;Laktase, mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa;Maltase, berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa;

  • Cont,, Disakarase, mengubah disakarida menjadi monosakarida;Peptidase, mengubah polipeptida menjadi asam amino;Lipase, mengubah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak;Sukrase, mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa.

  • 10. Usus BuntuDalam bahasa latin disebut sebagai Appendix vermiformis, Organ ini ditemukan pada manusia, mamalia, burung, dan beberapa jenis reptil.Pada awalnya organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi, tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) di mana memiliki/berisi kelenjar limfoid.

  • Cont,,Appendicitis merupakan nama penyakit yang menyerang usus buntu Yang bernama Appendicitis terjadi ketika appendix, nama lain dari usus buntu telah meradang dan membuatnya rentan pecah, ini termasuk darurat medis serius.

  • Proses pencernaan makanan di dalam tubuh a. Pencernaan di lakukan melalui perubahan kimiawiMerupakan proses pemecahan makanan dari molekul kompleks menjadi molekul-molekul yang sederhana dengan bantuan getah pencernaan (enzim) yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan.Saluran pencernaan terdiri dari alat-alat pencernaan yg berhubungan langsung dengan proses pencernaan mekanis dan kimiawi

  • Cont,, Saluran pencernaan tersebut meliputi: mulut, kerongkongan (esofagus), lambung (gaster), usus halus (intestinum tenue), usus besar (kolon) dan anus.Kelenjar pencernaan merupakan organ yang menghasilkan berbagai enzim yang membantu proses pencernaan makanan.

  • Cont,, b. Pencernaan di lakukan melalui perubahan mekanikMerupakan pemecahan atau penghancuran makanan secara fisik atau proses pencampuran makanan dengan getah (enzim) pencernaan. Contohnya gigi memotong motong dan mengunyah makanan; lidah serta otot-otot lambung dan usus yang mencampur makanan dengan enzim, gerak yang mendorong makanan dari kerongkongan sampai ke usus (gerak peristaltik).

  • BAGAIMANAKAH DG SISTEM TRANSPORTASI ???

  • Cont,,Zat zat gizi di angkut ke seluruh tubuh setelah memasuki peredaran darah.Transportasi ialah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh

  • Cont,, Alat transportasi pada manusia terutama adalah darah. Di dalam tubuh darah beredar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu jantung dan pembuluh darah.Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfa (getah bening) dan yang diedarkan melalui pembuluh limfa

  • 1. Darah Sel-sel darah (