Lateral Lumbal Meningocele

  • View
    51

  • Download
    3

Embed Size (px)

Text of Lateral Lumbal Meningocele

LATERAL LUMBAL MENINGOCELE

LATERAL LUMBAL MENINGOCELEOleh :Dr. Nurmayanti Masdin

PembimbingDr. Junus Baan, Sp.Rad

P E N D A H U L U A NLateral meningocele adalah penonjolan menings yang berisi cairan cerebrospinalis pada sisi lateral dari foramen neuralis . Meningocele spinal lateral lebih jarang terjadi dibandingkan meningocele posterior. Dapat terjadi sepanjang columna vertebralis.Meningocele lumbal anterior atau lateral dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah menigocele retroperitoneal tunggal yang besar yang muncul sebagai massa paravertebra abdominal atau lumbal, sering terjadi pada bayi atau anak-anak. Tipe kedua adalah lateral lumbal meningocele yang melibatkan herniasi meningeal yang relatif kecil pada satu atau dua sisi vertebra lumbalis. Gejala klinik tergantung dari ukuran dan penekanan organ /struktur di sekitarnya. Kebanyakan kasus bersifat asimptomatik. Operasi dilakukan pada meningocele yang besar atau meningocele yang simptomatik.Diagnosis dapat ditegakkan dengan pemeriksaan ultrasonografi, myelografi, CT scan dan MRI.

LAPORAN KASUSDilaporkan anak perempuan usia 9 tahun datang ke RS dengan keluhan benjolan pada perut sebelah kanan, disadari sejak setahun yang lalu. Terasa sakit bila berlari atau melompat. Dari pemeriksaan fisik di dapatkan benjolan pada abdomen regio lumbal kanan, terfiksir, nyeri tekan. Hasil pemeriksaan laboratorium : dalam batas normal. PEMERIKSAAN RADIOLOGIUSG Abdomen

Tampak massa kistik berukuran besar kesan berasal dari retroperitoneal kanan, yang berhubungan dengan defek pada vertebra. Ginjal kanan terdesak ke mediocaudal. Kesan : tumor retroperitoneal kistik kananPEMERIKSAAN RADIOLOGICT Scan Abdomen

Tampak massa kistik homogen (4,72 HU) retroperitoneal, berbatas tegas, tepi regular, ukuran 21 x 14 x 13 cm, mendesak ginjal kanan ke mediocaudal, berhubungan dengan defek pada sisi kanan CV L4. Kesan : massa kistik yang berhubungan dengan canalis spinalis melalui defek pada sisi lateral kanan CV L4, suspek lateral lumbal meningocele DISKUSIAnak perempuan umur 9 tahun dikirim dari poliklinik bedah untuk pemeriksaan radiologik dengan klinis tumor abdomen. Setelah dilakukan pemeriksaan ultrasonografi dan CT Scan abdomen di dapatkan massa kistik retroperitoneal berukuran besar yang berhubungan dengan defek pada sisi kanan corpus vertebra lumbal 4, kesan : lateral lumbal meningocele . Kasus ini digolongkan lateral lumbal meningocele tipe I. .Penderita lateral meningocele regio lumbosakral, umumnya bersifat asimptomatik. Akan timbul keluhan bila ukuran meningocele semakin besar sehingga memberikan efek desak ruang. Penatalaksanaan dengan pembedahan : anterior approach dengan drainase eksternal.

REFERENSIRoss,J.S.,Zawadzki,M.B., Moore,K.R.,Crim,J.,Chen,M.Z., Katzman, G.L. Lateral Meningocele. In : Diagnostic Imaging Spine. First edition. Salt lake city : Amirsys Inc ; 2004. p.I.1.102-5.Albright,A.l.,Adelson, P.D., Pollack,I.F. Spinal meningocele In : Principle and Practice of Pediatric Neurosurgery . Second edition. New York : Thieme Medical Publishers Inc ; 2008. p. 335-6.Stevenson,R.E., Hall,J.G. Spinal Cord. In : Human Malformation and Related Anomalies. Second edition. New York : Oxford University Press Inc; 2006. p.777-80.