Click here to load reader

Buku Manajemen Kas Pemerintah

  • View
    288

  • Download
    53

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Buku Manajemen Kas Pemerintah

Text of Buku Manajemen Kas Pemerintah

  • MANAJEMEN KAS SEKTOR PUBLIK RAHMADI MURWANTO INSYAFIAH SUBKHAN LEMBAGA PENGKAJIAN KEUANGAN PUBLIK DAN AKUNTANSI PEMERINTAH (LPKPAP) BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEUANGAN

  • Diterbitkan dan dicetak oleh: Lembaga Pengkajian Keuangan Publik dan Akuntansi Pemerintah (LPKPAP)

    Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Jl. Purnawarman No. 99

    Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110 Website: http://www.bppk.depkeu.go.id

    Penulis: Rahmadi Murwanto

    Insyafiah Subkhan

    Hak Cipta dilindungi Undang-undang Cetakan pertama, Desember 2006

    Editor: Tim LPKPAP Tata Letak: Tim LPKPAP

    Desain Sampul: Tim LPKPAP

    Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Terbitan Rahmadi Murwanto, Insyafiah, dan Subkhan Manajemen Kas Sektor Publik/ Rahmadi Murwanto, Insyafiah, dan Subkhan; Editor: Tim LPKPAP - - Jakarta : LPKPAP, 2006.

    xi/336 hlm. ; 20,4 cm x 25,3 cm ISBN 979 25 8315 7 1. Manajemen Kas Sektor Publik I. Judul II. Tim LPKPAP

  • Kata Sambutan Kepala Badan Diklat Keuangan

    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmat-Nya sehingga buku Manajemen Kas Sektor Publik telah selesai disusun. Dengan demikian Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) melalui Lembaga Pengkajian Keuangan Publik dan Akuntansi Pemerintah (LPKPAP) dalam 3 tahun ini telah berhasil menyusun kurang lebih 20 judul buku teks di bidang keuangan publik dan akuntansi pemerintahan.

    Buku Manajemen Kas Sektor Publik ini dapat diwujudkan melalui kerja keras para penulis, nara sumber, dan tim pada LPKPAP BPPK. Buku ini melengkapi seri-seri buku sebelumnya yaitu terutama yang berkaitan dengan Manajemen Perbendaharaan Pemerintahan, sedangkan materi dalam buku ini telah mengalami beberapa kali penyempurnaan baik dengan kegiatan seminar maupun workshop serta didukung dengan tambahan riset referensi.

    Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak-pihak yang telah membantu penyusunan buku ini, khususnya kepada para penulis; Sdr. Rahmadi Murwanto, Sdri. Insyafiah, dan Sdr. Subkhant, serta para narasumber; Bpk. Herry Purnomo dan Bpk. Sonny Loho.

    Buku Manajemen Kas Sektor Publik nantinya diharapkan akan dapat memberikan sumbangsih pada pengembangan referensi tentang manajemen kas sektor publik bagi masyarakat akademisi umumnya dan khususnya bagi para pengambil keputusan dalam mengelola keuangan negara.

    Akhir kata, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

    Jakarta, Desember 2006

    NOOR FUAD Kepala Badan Diklat Keuangan

  • Kata Pengantar

    Uang tunai atau sering disebut dengan kas merupakan komponen penting dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Sebagian besar aktivitas pada suatu entitas, apakah entitas bisnis ataupun entitas pemerintahan, selalu melibatkan uang tunai dalam pelaksanaan kegiatannya. Hampir dapat dipastikan bahwa kas inilah yang memiliki peranan sentral dalam menjaga kelangsungan sebuah aktivitas. Kegiatan-kegiatan pembayaran atas suatu aktivitas sebagian besar didominasi dengan menggunakan kas. Ini tak terlepas dari kondisi masa kini yang menjadikan uang tunai sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah. Sangat jarang ditemukan dalam sistem perekonomian sebuah negara saat ini yang tidak menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran. Kegiatan pembayaran dengan menggunakan sistem barter memang tidak ditinggalkan sepenuhnya. Namun kegiatan sistem barter dalam segala hal memiliki banyak keterbatasan dibandingkan penggunaan uang tunai sebagai alat pembayaran.

    Pada suatu entitas, termasuk didalamnya adalah instansi pemerintah,

    pengelolaan kas harus dilakukan dengan memperhatikan sistem pengendalian interen yang sangat ketat. Hal ini mengingat bahwa kas merupakan bentuk aset lancar yang sangat sensitif terhadap kemungkinan terjadinya penyimpangan. Namun demikian hal ini tidak berarti kita mengabaikan sistem pengendalian interen bagi aset-aset lainnya. Hanya saja, kas harus mendapat perhatian ekstra dibandingkan aset-aset lain tersebut dalam pengelolaannya.

    Manajemen kas/pengelolaan kas sektor publik bukanlah hal yang sangat

    mudah. Terlebih dahulu, diperlukan suatu pemahaman menyeluruh atas setiap aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan kas pada suatu entitas sektor publik. Selanjutnya, perlu dilakukan pengkajian antarbagian yang terkait dalam penggunaan kas dalam entitas tersebut dan melakukan penetapan sistem dan prosedur yang tepat untuk mengelola arus perjalanan uang tunai dalam entitas. Penentuan besaran uang tunai yang diperbolehkan untuk beredar dalam entitas pun menjadi sesuatu hal yang patut menjadi perhatian manajemen, termasuk penetapan pihak-pihak yang memiliki otoritas penerimaan, pengeluaran, penyimpanan, dan pendistribusian uang tunai.

    Buku Manajemen Kas Sektor Publik ini menjelaskan bagaimana filosofi dan

    cara pengelolaan kas yang dimiliki oleh suatu entitas dengan memperhatikan upaya-upaya pengendalian yang baik sehingga dapat digunakan secara efisien dan efektif dalam aktivitas operasional entitas tersebut. Buku ini merupakan wujud kontribusi BPPK, sebagai salah satu institusi pendidikan di Indonesia, dalam berpartisipasi dan berperan secara aktif memberikan sumbangsihnya demi peningkatan kualitas dan profesionalisme pegawai, baik di jajaran Departemen Keuangan maupun kalangan masyarakat yang memang memerlukan pengetahuan di bidang manajemen kas.

  • ii Manajemen Kas

    Kami ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini, terutama kepada para narasumber, Bapak Noor Fuad, Bapak Herry Purnomo, dan Bapak Sonny Loho serta pihak-pihak lain yang telah memberikan masukan yang sangat berharga dalam penyusunan buku ini.

    Kami mengharapkan agar buku ini dapat menjadi salah satu sumber

    referensi/bahan ajar yang berguna, baik bagi jajaran Departemen Keuangan pada khususnya maupun masyarakat luas pada umumnya.

    Jakarta, Desember 2006

    Penulis

  • Daftar Isi

    Halaman Kata Pengantar .............................................................................................. i Daftar Isi ......................................................................................................... iii Daftar Gambar ................................................................................................ viii Daftar Tabel ................................................................................................... xi BAB I KONSEP-KONSEP, UNSUR-UNSUR, DAN CURRENT ISSUE MANAJEMEN KAS SEKTOR PUBLIK ............................................ 1

    Gambaran Umum Manajemen Kas .................................................. 2 Pengertian Kas ................................................................................ 3 Motif dalam Menyimpan Kas ............................................................ 4 Proses Arus Kas .............................................................................. 4 Definisi dan Tujuan Manajemen Kas ................................................ 5 Elemen-elemen Manajemen Kas ..................................................... 7 Perencanaan .............................................................................. 9 Mobilisasi Kas ............................................................................. 11 Pengelolaan Float dalam Manajemen Kas .................................. 15 Sentralisasi versus Desentralisasi Manajemen Kas .......................... 18 Permasalahan Manajemen Kas di Negara Berkembang ................... 19 Reformasi ke Arah Manajemen Kas yang Efisien ............................. 23 Penerapan Reformasi Manajemen pada Negara-negara berkembang 24 Praktek Internasional Terbaik ........................................................... 25 Model Manajemen Kas .................................................................... 28 Tahapan Perkembangan Manajemen Kas ....................................... 29 Manajemen Kas dan Elektronik Commerce ...................................... 35 Rekomendasi ................................................................................... 37 Rangkuman Materi .......................................................................... 39 Latihan ............................................................................................ 40

    BAB II MANAJEMEN/PENGELOLAAN KAS NEGARA DALAM KERANGKA MANAJEMEN KEUANGAN PEMERINTAH .................................... 41

    Pengelolaan Kas Negara ................................................................. 42 Dasar Hukum .............................................................................. 42 Bendahara Umum Negara dan Bendahara Umum Daerah .......... 42 Pengelolaan Kas Negara ............................................................ 44 Tujuan Pengelolaan Kas Negara ................................................. 44 Bagan Arus Kas/Uang pada KPPN Kantor Bank Indonesia ......... 45 Bagan Arus Kas/Uang pada KPPN Non KBI ............................... 47 Ringkasan Materi ............................................................................. 49 Latihan ............................................................................................ 50

  • iv Manajemen Kas

    BAB III MODEL EKONOMI MANAJEMEN KAS DAN MODEL MANAJEMEN KAS TERINTEGRASI DALAM MANAJEMEN KEUANGAN PEMERINTAHAN ............................................................................ 51

    Model Ekonomi Manajemen Kas ...................................................... 52 Model Baumol ............................................................................ 53 Model Miller-Orr .......................................................................... 57 Faktor-faktor lain