I Buletin Tritonis Edisi I 2013 Web

  • View
    124

  • Download
    11

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Buletin 4 bulanan balai Besar Taman nasional Teluk Cenderawasih

Text of I Buletin Tritonis Edisi I 2013 Web

  • Pembina & Penanggung Jawab: Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih Pimpinan Redaksi: Ir. Suprihatna Pengarah/Editor: Manerep Siregar, S.P., M.Si. Staff Redaksi: Lidia Tesa Vitasari Seputro, S.Si., Rini Purwanti, S.Si., Veve Ivana Pramesti, S.Hut., Muhibuddin Danan Jaya, A.Md Layout : Lidia Tesa Vitasari Seputro, S.Si Desain Cover : Muhibbuddin Danan Jaya, A.Md Sumber Gambar : Dokumentasi TNTC

    Buletin Tritonis (Tanggap, Realistis, Informatif dan inspiratif) Merupakan media informasi dan komunikasi kon-servasi untuk menyebarluaskan informasi kon-servasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya secara umum, pengelolaan-pengelolaan sum-berdaya alam hayati dan ekosistemnya serta pengembangan kawasan konservasi Taman Na-sional Teluk Cenderawasih.

    Alamat Redaksi Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih Jln. Essau Sesa-Sowi Gunung Manokwari-Papua Barat Telp : (0986)212303 Fax : (0986)214719 E-mail : telukcenderawasih@gmail.com

    B u l e t i n t r i t o n i s , e d i s i I A p r i l 2 0 1 3

    B a l a i B e s a r T a m a n N a s i o n a l T e l u k C e n d e r a w a s i h

    S u r a t d a r i R e d a k s i Di awal tahun 2013, Buletin Tritonis Edisi I Bulan April hadir dengan mengetengahkan tema Pemberdayaan Masyarakat di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Pemberdayaan berarti membuat sesuatu menjadi lebih berkarya dan berguna. Pemberdayaan masyarakat baik di dalam maupun di sekitar kawasan TNTC mempunyai tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Namun peningkatan kesejahteraan masyarakat ini harus tetap memperhatikan kelestarian alam yang ada sehingga Visi Kementerian Kehutanan Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera bisa terwujud. Selain tema Pemberdayaan Masyarakat, Buletin Tritonis juga menyuguhkan laporan utama seperti Sosialisasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 50 Tahun 2012 tentang Jabatan Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan Angka Kreditnya. Dengan adanya peraturan yang baru ini, diharapkan kegiatan pejabat fungsional PEH yang dilaksanakan dapat terakomodir. Tim redaksi juga telah menyiapkan tulisan atupun liputan lain, seperti : liputan dari peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-30, liputan dari kawasan, serba-serbi dan ucapan selamat. Semoga tulisan/artikel pada edisi I bulan April ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca semua dan akhirnya tim redaksi mengucapkan selamat membaca.

    Liputan Kemeriahan Peringatan Hari Bakti

    Rimbawan ke-30 di Provinsi Papua Barat

    Sosialisasi Permenpan Nomor 50 Tahun 2012 tentang Jabatan Fungsional PEH dan Angka Kredit-

    3

    Artikel Peranan Kader Konservasi Dalam

    Menunjang Keberhasilan Program Pemberdayaan masyarakat

    Pemberdayaan Masyarakat Akudio-mi Melalui Program Ekowisata Hiu Paus (Whale Shark)

    Prospek Budidaya Pembesaran Ikan Kerapu Dalam Peningkatan Kese-jahteraan Masyarakat

    Peran Penyuluh Dalam Proses Pem-bentukan Kelompok Untuk Mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat Yang Mandiri

    Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment): Suatu Pandangan Umum

    Meningkatkan Kegunaan Nipah, Sebagai Peluang Pemberdayaan Masyarakat

    Rekam Jejak Pemberdayaan Masyarakat Dalam Kawasan

    Sebuah Angan Perbaikan Ekosistem Melalui Pemberdayaan Masyarakat

    Mengenal Jenis Tumbuhan Pantai di Kawasan TNTC

    09

    Serba-serbi Kehidupan Adalah Bergerak

    37

    Berita Gambar 20 Kabar Kawasan Pemberdayaan Masyarakat Kam-

    pung Yaur Melalui Pembuatan Rum-pon

    31

    Biodiversity Peranan Plankton Dalam Trophic Lev-el 35

    D a f t a r I s i

    S U S U N A N R E D A K S I

    Kemitraan Pendampingan dan Pendidikan

    Lingkungan Hidup (BBTNTC-WWF TNTC)

    33

  • Kehutanan Provinsi Papua Barat, Ir. H. Runaweri, MM pada tanggal 5 Maret 2013 dan dilanjutkan dengan ekshibisi futsal antar pejabat struktural dari Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, pejabat struktural Dinas Kehutanan Kabupaten Manokwari, dan Civitas Akademika Fakultas Kehutanan Universitas Negeri Papua melawan pejabat struk-tural dari Unit Pelaksana Teknis lingkup Kementerian Kehutanan.

    Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Rimbawan kali ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori ekshibisi serta kategori pertandingan. Hal ini ada kegiatan yang bertujuan untuk meramaikan/menyemarakkan serta ada perlombaan yang dimasukkan dalam penilaian untuk menentukan juara umum. Perlombaan yang masuk dalam kategori ekshibisi yaitu: tenis lapangan, lomba masak bapak-bapak, lomba anak-anak, serta lomba pengenalan jenis pohon. Sedangkan perlombaan yang masuk dalam kategori pertandingan yaitu: futsal, tenis meja, bulutangkis, catur, volly dan tarik tambang.

    Penanaman Pohon

    Tanggal 9 Maret 2013, dilakukan aksi penanaman pohon di pesisir pantai depan markas komando SPORC Brigadir Kasuari, Papua Barat oleh keluarga Rimbawan se Papua Barat. Kegiatan penanaman kali ini berbeda dengan kegiatan penanaman tahun sebelumnya, karena bibit yang kita tanam adalah bibit mangrove. Penanaman di lahan pesisir pantai ini didasari oleh ancaman abrasi pantai yang kian mengkhawatirkan.

    Jalan Santai dan perlombaan Anak-anak

    Bertepatan dengan hari libur nasional, pada Tanggal 12 Maret 2013 pagi dilaksanakan kegiatan jalan santai yang melibatkan Rimbawan se Papua

    K embali kita, keluarga besar Rimbawan dipertemukan dengan acara akbar tahunan, acaranya Keluarga Besar Rimbawan Nusantara. Ya, Hari Bhakti Rimbawan adalah nama lain untuk mengistilahkan perayaan Ulang Tahunnya Kementerian Kehutanan. Tidak terasa usia kementerian kehutanan (red. dulu Departemen Kehutanan) sudah memasuki usia yang ke tiga puluh. Dengan bertambahnya usia lembaga yang kita cintai ini, menandakan semakin besar tantangan dan amanah yang diemban oleh teman-teman Rimbawan, untuk mempertahankan kelestarian hutan yang masih tersisa tanpa mengesampingkan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

    Tanggung jawab rimbawan dalam pengelolaan hutan tidak hanya diemban oleh masing-masing instansi kehutanan saja, namun diperlukan adanya kesinergisan kerja antar instansi, sehingga tidak terjadi tumpang tindih kegiatan pengelolaan kawasan hutan. Sebagai upaya mempererat kebersamaan rimbawan Papua Barat dan mengoptimalkan kinerja rimbawan dalam mengelola hutan di tanah Papua, keluarga besar rimbawan Papua Barat mengadakan beberapa kegiatan untuk menyemarakkan Hari Bhakti Rimbawan ke-30 tahun 2013 ini. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan jiwa korsa rimbawan semakin terpupuk dalam diri setiap rimbawan. Dalam peringatan HBR ke-30 tahun 2013 banyak kegiatan yang dilakukan oleh Rimbawan Papua Barat, antara lain penanaman pohon, jalan santai, perlombaan olah raga, lomba memasak serta perlombaan anak-anak.

    Pekan HBR dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepala Dinas

    P a g e 3 E d i s i i A p r i l 2 0 1 3

    K e m e r i a h a n P e r i n g a t a n H a r i B a k t i R i m b a w a n k e - 3 0 d i

    P r o v i n s i p a p u a B a r a t

    L I P U T A N

    Sebuah wujud kebersamaan para rimbawan yang patut ditingkatkan dan dipertahankan Muhibbuddin Danan Jaya, A.Md*)

  • sedangkan untuk kategori pegawai dan umum, peserta diminta untuk menyebutkan nama ilmiah masing-masing spesimen yang ada.

    Lomba Mewarnai dan Menggambar

    Hari rabu, 13 Maret 2013 dilaksanakan lomba mewarnai untuk anak-anak usia TK - SD Kelas 4, dan lomba menggambar untuk anak-anak kelas 5 SD - kelas 3 SMP. Kegiatan yang berlangsung di ruang kelas Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan ini dimeriahkan dengan keikutsertaan anak-anak dari keluarga besar rimbawan lingkup Papua Barat. Kegiatan menggambar dan mewarnai ini dilakukan untuk menanamkan rasa cinta lingkungan kepada anak anak dan generasi muda sejak dini serta untuk memupuk rasa percaya diri anak-anak untuk selalu berkarya dan menghasilkan karya terbaik.

    Lomba Memasak Bapak-bapak

    Lomba masak ini yang ditujukan untuk bapak-bapak rimbawan dilakukan beregu atau tim. Menu yang ditentukan dalam lomba memasak ini adalah nasi goreng. Panitia telah menyediakan bahan-bahan sementara peserta diwajibkan untuk membawa peralatan memasak, kompor serta perlengkapan untuk menghias hasil masakan. Kriteria penilaian dalam lomba masak yang

    Barat beserta keluarga. Jalan santai yang diikuti ribuan peserta ini dimulai dari Dinas Kehutanan Kabupaten Manokwari dan berakhir di komplek BPDAS Remu Ransiki. Peserta jalan santai sangat antusias mengikuti kegiatan jalan santai sejauh 2 km ini, meskipun sempat terjadi hujan saat pelaksanaan kegiatan. Kegiatan jalan santai dimeriahkan dengan pembagian doorprize yang telah disediakan oleh panitia. Lebih dari 25 paket doorprize diperebutkan oleh peserta jalan santai. Usai pembagian doorprize, dilakukan kegiatan perlombaan untuk anak anak, berupa lomba makan kerupuk dan lomba lari kelereng. Antusiasme anak-anak mampu mengalahkan hujan yang turut mewarnai pelaksanaan lomba. Lebih dari 50 anak dari keluarga rimbawan terlibat dalam kegiatan perlombaan ini.

    Pengenalan jenis Pohon

    Usai perlombaan makan kerupuk dan lari kele-reng, dilaksanakan lomba pengenalan jenis pohon yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori anak-anak SD - SMP, serta kategori pegawai dan umum. Untuk kategori anak anak SD - SMP, peserta diminta untuk menyebutkan nama lokal/nama perdagangan jenis pohon yang dijadikan spesimen,

    L I P U T A N .

    P a g e 4 B u l e t i n t r i t o n i s

    Lomba Pengenalan Jenis Pohon (kiri), Lom-ba makan Kerupuk (kanan)

    Lomba Menggambar(kiri), Lomba Mewarnai (kanan)

    Pelaksanaan Jalan Santai (atas) dan Pem-bagian Doorprize (bawah)

  • L I