Naskah Ujian Dea

Embed Size (px)

Text of Naskah Ujian Dea

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    1/21

    NASKAH UJIAN

    Oleh :

    Dea Lita Barozha, S.Ked

    NPM 11180110!

    Pe"#i"#i$% :

    dr. &ah'a$i$%(ih )*, S+.KJ, M. Ke(

    KPANI-*AAN KLINIK BAIAN ILMU KSHA-AN JI/A

    )AKUL-AS KDOK-*AN UNI*SI-AS LAMPUN

    *UMAH SAKI- JI/A P*OINSI LAMPUN

    01

    I. IDN-I-AS PASIN

    Tn S, 35 tahun, laki-laki, Islam, suku Jawa, Petani, pendidikan terakhir Strata

    1, tinggal di kotabumi, Lampung Utara, masuk rumah sakit tanggal !aret

    "#1$%

    &erai

    II. PM*IKSAAN PSIKIA-*I

    0

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    2/21

    'ilakukan autoanamnesis dari pasien serta alloanamnesis dari rekam medik 

     pasien%

    A. Kel2ha$ Uta"a

    !engamuk tanpa sebab (ang )elas

    B. *i3a'at Pe$'a4it Se4ara$%

    Pasien dibawa ke *umah Sakit Jiwa +*SJ proinsi Lampung pada tanggal

    maret "#1$ pukul 1#%## .I/ oleh keluargan(a pasien mengamuk dan

    gelisah, selain itu pasien )uga sering berbi&ara sendiri dan merasa melihat

     ba(angan hitam% Ini merupakan kali keempat pasien dibawa ke *SJ

    Proinsi lampung% Pasien mengatakan dia memang memiliki gangguan

     )iwa dan paham akan pen(akitn(a% !enurut pasien, pasien awaln(a pada

    tahun 100 adalah kali pertama pasien merasakan mempun(ai halusinasi

    (aitu melihat sesuatu ba(angan hitam, menurut pasien (ang masuk dari

    kepala hingga ke dadan(a namun saat itu pasien belum menerima

     pengobatan% Pada tahun "#11 ge)ala (ang dialami pasien semakin

     bertambah, pasien semakin sering melihat ba(angan hitam dan semakin

    gelisah, akhirn(a pada saat ini pasien pertama kali diantar oleh kelurga

    untuk di rawat di *SJ proinsi Lampung, pasien dirawat kurang lebih

    selam " bulan dan merasa semakin baik% Saat pulang pasien dibekali obat-

    obatan (ang harus dikonsumsi se&ara rutin setiap hari, pasien mengaku

    memang ra)in untuk melakukan kontrol ke poli *SJ proinsi Lampung,

    namun pasien mengatakan sering lupa untuk mengkonsumsi obat%

    2eluarga pasien mengaku Pasien sering sekali tampak gelisah, mengamuk dan memiliki emosi (ang sangat labil, pasien suka sekali berbi&ara kepada

    siapa sa)a, hal ini dialami pasien se)ak tahun "#11 ketika itu pasien baru

    sa)a menikah, dan beker)a sebagai buruh tambak udang, namun se&ara

    tiba-tiba, pasien dipe&at oleh atasann(a karena perusahaan tambak (ang

     bankrut% kibatn(a ekonomi pasien melemah dan tidak lama setelah itu

     pasien pun ditinggal pergi oleh istrin(a%

    1

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    3/21

    Se)ak saat itu pasien kembali mengalami halusinasi (aitu melihat ba(ang-

     ba(ang hitam dan mersakan orang-orang disekitar memben&i dan berkata

     buruk tentang dirin(a%

    Pasien akhirn(a malas untuk berobat dan tidak lagi mengkonsumsi obat

     )iwa, sampai tahun "#1$ pasien merasa ketakutan, gelisah, melihat

     ba(angan hitam, mendengar bisikan-bisikan (ang tid4ak )elas datangn(a

    dari mana% khirn(a keluarga memutukan untuk membawa pasien

    kemabali untuk dirawat di *SJ proinsi Lampung%

    &. *i3a'at Pe$'a4it Se#el2"$'a1. *i3a'at a$%%2a$ P(i4iatri

    Selama 1 tahun pasien telah memiliki riwa(at pen(akit gangguan )iwa

    seperti ini sebelumn(a% Pasien tidak berhubungan baik dengan istrin(a%

    Pasien )uga bersikap gelisah dan sering sekali berbi&ara serta sering

    marah-marah%

    . *i3a'at Pe$%%2$aa$ 5at P(i4oa4ti6 

    Tidak ada riwa(at penggunaan at psikoakti6, merokok, dan minum-

    minuman beralkohol%

    7. *i3a'at Pe$'a4it Medi( U"2"

    Pasien memiliki riwa(at trauma kepala atau penurunan kesadaran,

    riwa(a ke)ang dan menderita tumor disangkal% Pasien pernah ter)atuh

    dari motor pada bagian punggung pasien terluka namun tidak sampai

    dirawat di *umah Sakit%

    D. *i3a'at -2"#2h Ke"#a$%

    1. Periode Pre$atal da$ Peri$atal 091 tah2$

    Tidak didapatkan in6ormasi%

    . Periode Se#el2" Ma(a Ka$a4 19 tah2$

    Tidak didapatkan in6ormasi%

    7. Periode Ma(a Ka$a4 a3al 9 a4hir 91 tah2$

    Tidak didapatkan in6ormasi

    2

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    4/21

    ;. Periode Ma(a *e"a

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    5/21

    . *i3a'at Kel2ar%a

    Pasien merupakan anak ketiga dari lima bersaudara% Se)ak lahir hingga

    sebelum menikah, pasien tinggal bersama kedua orang tuan(a di

    Tan)ung *e)o% (ah dan ibu pasien beker)a sebagai pegawai swasta%

    Setelah menikah, pasien merasa hidupn(a tidak bahagia karna sering

    sekali bertengkar dengan istrin(a% Pasien memiliki hubungan (ang baik 

    dengan ibu dan a(ah pasien%

    S4e"a Pedi%ree

    Ketera$%a$:

      > laki-laki 9 perempuan

      > pasien 9 tinggal satu rumah

    !. *i3a'at So(ial 4o$o"i Kel2ar%a

    Pasien tinggal bersama orang tua kedua anak pasien% /ia(a hidup

    ditanggung oleh orang tua pasien%

    8. Sit2a(i Kehid2+a$ Se4ara$%

    Pasien tinggal bersama orang tuan dan kedua anak pasien dirumah

     berlantai keramik, dinding ber&at, seluas "# m : 15 m dengan 3 kamar 

    tidur dan " kamar mandi didalam rumah%

    ?. Per(e+(i Pa(ie$ -e$ta$% Diri$'a

    Pasien merasa dirin(a mengalami gangguan )iwa dan pasien memahami

    tentang pen(akitn(a (ang membutuhkan pengobatan%

    4

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    6/21

    III. S-A-US MN-AL

    A. De(4ri+(i U"2"

    1. Pe$a"+ila$

    Seorang laki-laki sesuai dengan usia, berperawakan kurus, terlihat rapi,

    dengan rambut pendek, memakai pakaian seragam *SJ Proinsi

    Lampung, kulit agak kering dan ke&oklatan, kuku rapi, perawatan diri

    kurang%

    . Si4a+ terhada+ +e"eri4(aa$ ; &ukup kooperati6 

    7. Ke(adara$; )ernih +compos mentis

    ;. Perila42 da$ [email protected]( +(i4o"otor

    Selama wawan&ara pasien dalam keadaan tenang, kontak mata &ukup

     baik, gerakan inolunter tidak ada, pasien tampak akti6 namun &ukup

    tenang%

    =. Pe"#iaraa$

    Spontan, lan&ar, intonasi sedang, olume &ukup, artikulasi )elas,

    amplitudo baik, kualitas &ukup dan kuantitas berlebihan

    % Keadaa$ A6e4ti6

    a% !ood ;

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    7/21

    e% Pikiran abstrak ; baik 

    10. Da'a Nilai

    a% 8orma sosial ; baik  

     b% U)i da(a nilai ; buruk 

    &% Penilaian realitas ; terganggu11. -ili4a$

    Tilikan dera)at $ +enam%

    1. -ara6 da+at di+era'a; 'apat diper&a(a

    B. Pe"eri4(aa$ Dia%$o(ti4 Le#ih La$

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    8/21

    gelisah, akhirn(a pada saat ini pasien pertama kali diantar oleh kelurga

    untuk di rawat di *SJ proinsi Lampung, pasien dirawat kurang lebih

    selam " bulan dan merasa semakin baik% Saat pulang pasien dibekali obat-

    obatan (ang harus dikonsumsi se&ara rutin setiap hari, pasien mengaku

    memang ra)in untuk melakukan kontrol ke poli *SJ proinsi Lampung,

    namun pasien mengatakan sering lupa untuk mengkonsumsi obat%

    2eluarga pasien mengaku Pasien sering sekali tampak gelisah, mengamuk 

    dan memiliki emosi (ang sangat labil, pasien suka sekali berbi&ara kepada

    siapa sa)a, hal ini dialami pasien se)ak tahun "#11 ketika itu pasien baru

    sa)a menikah, dan beker)a sebagai buruh tambak udang, namun se&ara

    tiba-tiba, pasien dipe&at oleh atasann(a karena perusahaan tambak (ang

     bankrut% kibatn(a ekonomi pasien melemah dan tidak lama setelah itu

     pasien pun ditinggal pergi oleh istrin(a%

    Se)ak saat itu pasien kembali mengalami halusinasi (aitu melihat ba(ang-

     ba(ang hitam dan mersakan orang-orang disekitar memben&i dan berkata

     buruk tentang dirin(a%

    Pasien akhirn(a malas untuk berobat dan tidak lagi mengkonsumsi obat

     )iwa, sampai tahun "#1$ pasien merasa ketakutan, gelisah, melihat

     ba(angan hitam, mendengar bisikan-bisikan (ang tid4ak )elas datangn(a

    dari mana% khirn(a keluarga memutukan untuk membawa pasien

    kemabali untuk dirawat di *SJ proinsi Lampung%

    Selama wawan&ara pasien dalam keadaan tenang, kontak mata &ukup baik,

    gerakan inolunter tidak ada% Pembi&araan pasien spontan, lan&ar, intonasi

    sedang, olume &ukup, artikulasi )elas, amplitudo baik, kualitas &ukup dan

    kuantitas meningkat% 'a(a ingat )angka pan)ang, )angka menengah, )angka

     pendek dan )angka segera pasien baik, pikiran abstrak pasien baik, namun

    da(a nilai pasien buruk 

    7

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    9/21

    . )O*MULASI DIANOSIS

    Pada pasien ini ditemukan adan(a gangguan persepsi, gangguan arus pikir 

    dan isi pikir (ang bermakna serta menimbulkan suatu penderitaan +distress

    dan henda(a +disability dalam peker)aan dan kehidupan sosial pasien,

    sehingga dapat disimpulkan bahwa pasien ini mengalami gangguan mental da

    emosional% /erdasarkan data-data (ang didapat melalui anamnesis,

     pemeriksaan 6isik dan rekam medik, tidak ditemukan riwa(at trauma kepala,

    demam tinggi atau ke)ang sebelumn(a ataupun kelainan organik% Tidak 

    terdapat riwa(at penggunaan at psikoakti6 dan alkohol%

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    10/21

    [email protected] +Elobal ssessment o6 @un&tioning% Pada saat dilakukan wawan&ara,

    skor [email protected] 1##-01%

    I. ALUASI MUL-IAKSIAL

    •ksis I ; Skioa6ekti6 tipe manik [email protected]"5%# *emisi Sempurna

    •ksis II ; Tidak ada diagnosis

    •ksis III ; Tidak ada diagnosis

    •ksis I>; !asalah interaksi sosial dengan keluarga pasien

    •ksis > ; [email protected] 1##-01 +saat ini

    II. DA)-A* P*OBLM

    A. Or%a$o#iolo%i4:  Tidak ditemukan adan(a kelainan 6isik (ang bermakna,

    tetapi diduga terdapat ketidakseimbangan neurotransmitter% ?leh karena itu

     pasien memerlukan psiko6armakologi%

    B. P(i4olo%i4:  'itemukan riwa(at henda(a dalam menilai realita berupa

    halusinasi auditorik dan halusinasi isual sehingga membutuhkan psikoterapi%

    &. P(i4oed24a(i:  'itemukan adan(a henda(a dalam pemahaman keluarga

    terhadap keadaan pasien sehingga keluarga membutuhkan psikoedukasi%

    III. P*ONOSIS

    a% Fuo ad itam ; 'ubia ad bonam

     b% Fuo ad 6un&tionam ; 'ubia ad bonam&% Fuo ad sanationam ; 'ubia ad bonam

    I. *N&ANA -*API

    A. P(i4o6ar"a4a :

    • ntipsikotik at(pi&al

    *isperidone  " : 1 mg diberikan selama 5 hari, dipertimbangkan

     peningkatan dosis berdasarkan tanda dan ge)ala (ang ditemukan

    • ntikolinegik 

    Trihe:(phen(dil " : " mg diberikan selama 5 hari• ntidepresan

    @luo:etin 1 : 1# mg selama 5 hari

    B. P(i4otera+i

    9 -era+i S2++orti6 

    9 >entilasi

    !embiarkan pasien mengeluarkan isi hati sesukan(a% Sesudahn(a

     biasan(a ia merasa lega dan ke&emasann(a +tentang pen(akitn(a

     berkurang, karena ia kemudian dapat melihat masalahn(a dalam

    9

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    11/21

     proporsi (ang sebenarn(a%

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    12/21

    dosisn(a sampai dosis maksimum (aitu mg7hari% Pada pasien )uga diberi anti-

    depresan (aitu @luo:etine untuk mengurangi ge)ala insomnia pada pasien%

    'engan psikoterapi (ang rutin dan pemberian obat-obatan (ang sesuai dosis

    harapann(a ge)ala psikotik pasien dapat berkurang dan pasien masih dapat

    men)alani kehidupann(a dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas dari hidup

     pasien%

    LAMPI*AN

    11

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    13/21

    "#1

    *I/ACA- P*JALANAN PNCAKI-

    12

    10# !aret "#1$ "#15 Sekarang"#1# "#1110$ 100"

    !arah-marah tanpa sebab!eme&ahkan seluruh barang- barang dirumahSulit tidur /erbi&ara sendiri

    Pasien lulus S!Pdan melan)utkan keS!, sampai S1dan pasien mulai beker)a sebagai pgawai swasta

    1005

    Pasien mengalamimaslaah dalamrumah tanggan(a

    namun masih dapatru)uk, ge)alagangguan )iwaseperti halusinasidan waham adakarna pasien putusobat%

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    14/21

    13

    #-1 tahun

    Lebih emosional +sering berteriak dan marah-marahtanpa sebab/i&ara sendiriSulit tidur !erasa suamin(a tidak

    memberi na6kah

    Tenang!erasa sudah tidak ada waham dan

    halusinasi

    !enikah Pisah

    ran)ang

    1-$ tahun $-1" tahun 1"-15 tahun

    Hmosi pasien selalu

    stabil sampai pasienmemiliki " orang anak%Pasien bukan merupakanorang (ang pemarah%

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    15/21

    AU-OANAMNSIS 1 )e#r2ari 01 P242l 08.00 /IB

    ' ; ssalamualaikum pak, perkenalkan sa(a dokter muda 'ea, boleh n,

    gobrol sebentar nggak pak

    P ; I(a boleh dok%

    ' ; bapak naman(a siapa

    P ; 8ama sa(a S

    ' ; Usia /apak sekarang berapa

    P ; 35 )alan 3$ tahun +benar

    ' ; !emang bapak lahir tahun berapa

    P ; Tahun 10# +benar

    ' ; gama dan sukun(a apa bapak

    P ; Islam dokter, sa(a sukun(a /negkulu

    ' ; Sholatn(a gimana *a)in gak sholat 5 waktun(a atau suka bolong-

     bolong

    P ; sekarang sholat terus dok 

    ' ; bapak S sudah menikah

    P ; Sudah &erai dok, sa(a pun(a " anak 

    ' ; udah lama nikahn(a

    P ; sudah dok sa(a nikah tahun "#1# &erai "#13 kalo tidak salah

    ' ; bapak tinggaln(a dimana

    P ; tan)ung *e)o dok ikut ornag tua sa(a sekarang, tapi sa(a )uga pun(a

    rumah ditempat lain%

    ' ; Tinggal sama siapa

    P ; sama orang tua sa(a dok  

    ' ; Sekarang hari apa (a buP ; Sabtu dok +benar%

    ' ; 2alau sekarang Sabtu, besok hari apa pak

    P ; !inggu, besokn(a senin, besokn(a selasa dok%

    ' ; 2alau kemarin

    P ; Jumat dok%

    ' ; Sekarang pagi atau siang atau sore atau malam (a bu

    P ; siang dok )am 11an% +?rientasi waktu baik

    14

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    16/21

    ' ; bapak pendidikan terakhir sampai apa

    P ; sa(a lulusan sar)ana perikanan dari *iau dok, tapi sa(a sempat kuliah di

    unila )urusan teknik unila, namun sa(a di drop out karena ketauan

    tawuran dengan anak teknik lain, sa(a kuliah diunila selama setahun lalu

    sa(a pindah ke unieritas di *iau ngambil )urusan perikanan%

    ' ; Selama sekolah pernah tinggal kelas

    P ; Eak pernah dokter, sa(a pinter dok 

    ' ; 2alo selama sekolah pernah dapat rangking gak

    P ; pernah dok waktu S' +!emori )angka pan)ang kurang

    ' ; Pun(a ban(ak temen gak bu selama sekolah Sering bela)ar dan main

     bareng

    P ; Pun(a dok ban(ak, sa(a senang bergaul dok, sa(a S' di pon&o wati,

    S!P di pon&o wati, S! di S!8 #0 /andar Lampung, 2uliah di

    U8IL dan U8I> *iau )urusan perikanan, dokter tau gubernur kita

    sekarang /apak *idho @i&ardo itu )uga sar)ana perikanan seperti sa(a

    dok%

    ' ; bapak dulun(a peker)aann(a apa (a

    P ; sa(a kar(awan di perusaan tambak udang dok, sa(a )uga pernah )adi

     pedagang, tp sa(a sering dipe&at dok karna perusahaan(a bangkrut%

    ' ; bapak kenapa &erai sama istri

    P ; nggak tau dok, tiba-tiba sa(a ditinggalin a)a sama istri sa(a, dok sa(a

    mau nikh lagi, normal ga itu dok

    ' ; normal kok pak%

    P ; i(a dok tapi sa(a mau pun(a istri (ang pinter biar bisa a)arin anak sa(a,

    sa(a mau sama &ewek (ang ka(ak bidadari dok, sekarang sa(a lagiP'2T sama guru, tapi gatau dia mau sama s(a atau nggak 

    ' ; bapak bisa &eritain gak kenapa awaln(a kesini

    P ; sa(a gangguan )iwa dok, sa(a ada halusinasi suka liat ba(angan, ada

    waham )uga dok sa(a suka merasa )adi orang su&i dan ban(ak (ang tidak 

    suka sama sa(a% Sa(a )uga sering denger bisikan-bisikan dan sa(a gatau

    datengn(a dari mana

    ' ; oh sekarang masih ada nggak keluhan seperti itu

    15

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    17/21

    P ; alhamdulillah dok sudah tidak ada, obat dari Ibu Cah(a &o&ok sekali

    dengan sa(a, sekarang sa)a dosisn(a sudah mulai diturunkan, kata /u

    Cah(a begitu dok%

    ' ; bapak sudah berapa kali dirawat disini

    P ; sudah -5 kali dok  

    ' ; ra)in minum obat gak

    P ; dulun(a ra)in dok, tapi terakhir sa(a putus obat makan(a dateng kesini

    lagi, mun&ul lagi dok halusinasin(a%

    ' ; terakhir ada halusinasi apa pak

    P ; sa(a lihat ada ba(angan dok, mendengar bisikan-bisikan (ang gak )elas

    suaran(a dok sampe gatel kuping sa(a rasan(a

    ' ; bapak sebelumn(a gimana ?rangn(a emang &epet marah atau enggak

    P ; enggak ah dok, sa(a orangn(a rama dan baik ke siapa sa)a

    ' ; bapak pernah merasa seperti ada (ang mengendalikan

    P ; nggak pernah dok  

    ' ; bapak n(aman ga disini

    P ; (a din(aman-n(amanin dok naman(a mau sembuh, sa(a )uga seneng

    disini ban(ak temen%

    ' ; bapak pernah ngerasa kalo kaki atau tangan bapak bisa meman)ang atau

    tubuk bapak berubah

    P ; ohhh pernah dok dulu sa(a ngerasa bisa terbang karna sa(a merasa sa(a

     pun(a sa(ap (ang besar dibelakang punggung ini dok 

    ' ; kalo bapak lagi diruangan sendirian pernah ga ngerasa ruanggan(a )adi

    tambah besar atau )adi semakin ke&il

    P ; pernah dok, waktu sa(a sedang ada di pesawat, padahal pesawat ke&il,tiba-tiba sa(a merasa ruangn(a itu )adi melebar sekali dok%

    ' ; bapak " minggu ini perasaann(a gimana

    P ; seneng-seneng a)a dok  

    ' ; pak kalo dapet kado perasaann(a gimana

    P ; (a seneng lah dok naman(a dapet kado

    ' ; bapak pernah ngerasa mau mati gak

    P ; enggak tuh dok  

    16

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    18/21

    ' ; bapak tau gak sekarang ada dimana

    P ; *umah sakit )iwa proinsi lampung+orientasi tempat baik

    ' ; bapak anak ke berapa dari berapa bersaudara

    P ; nak ketiga dari lima bersaudara% 2ami semua sar)ana dok, adek sa(a

    (ang bungsu nurse di )akarta

    ' ; ?rang tua masih lengkap

    P ; masih dok  

    ' ; bapak dulu dekat sama semuan(a

    P ; luma(an deket dok%

    ' ; bapak pernah kepalan(a terbentur sesuatu tau ke&elakaan tau pernah

    ke)ang

    P ; Hnggak dok  

    ' ; bapak merokok gak tau pakai narkoba tau suka minum-minuman

     beralkohol

    P ; Eak dokter, tapi temen-temen sa(a ban(ak, sa(a gamau pake tapi dok 

    ' ; bapak selama ini pernah sakit apa sa)a

    P ; Sa(a gak pernah sakit dok% Ga paling sakit )iwa ini dok 

    ' ; da tidak dari keluarga (ang mengalami hal serupa dengan bapak tau

     pernah ada (ang mengalami depresi

    P ; Setahu sa(a gak ada dokter%

    ' ; bapak nanti kita melakukan suatu pemeriksaan (ang naman(a

     pemeriksaan 6ungsi kogniti6, mudah dan gampang kok% bapak tinggal

    mengikuti dan melakukan sa)a intruksin(a, boleh (a pak

    P ; boleh dokter  

    ' ; bapak, bisa itung-itungan (aP ; /isa

    ' ; nanti sa(a kasih soal hitungan misaln(a 1## dikurangi D kan hasiln(a 03

    kalo sa(a bilang kurangi lagi berarti hasiln(a dikurangi dengan angka D

    (aa /apak mengerti

    P ; ngerti dok  

    ' ; baik kalo gitu kita mulai (aa% 1## dikurangi D berapa bu

    17

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    19/21

    P ; dok sa(a gak suka kalo dikurangin D, k9urangin 5 a)a dok, atau kali

    kalian a)a dok sa(a ga suka pengurangan

    ' ; (asudah kita &oba perkalian (a pak 

    P ; baik bu

    ' ; 5:5

    P ; "5

    ' ; D:$

    P ; "

    ' ; :D

    P ; 5$

    ' ; ?ke, kalo gitu kita main peribahasa a)a (a% 2alo besar pasak daripada

    tiang artin(a apa

    P ; besar penghasilann(a dari pengeluarann(a dok 

    ' ; tong kosong n(aring bun(in(a

    P ; ban(ak omongn(a dok, otak mah gak ada

    ' ; pak kalo mbak nemu dompet di)alan, ada duitn(a ## ribu, ada ga ada

    kartu identitasn(a menurut mbak gimana

    P ; diambil dok, kan ga ada (ang pun(a +'a(a nilai buruk%

     ' ; 2alo menurut bapak, ada orang gaberpakain tapi keluar rumah% !enurut

     bak pantes ga

    P ; Ga ga pantes lah dok +8ilai sosial baik%

    ' ; bapak ada (ang mau ditan(ain gak sama sa(a

    P ; gak ada dok  

    ' ; Gaudah, bapak istirahat dulu (a, nanti kita ngobrol lagi (a makasih (a bu

    P ; sama-sama dokter%2eterangan ;

    'okter !uda +'

    Pasien +P

    18

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    20/21

    19

  • 8/17/2019 Naskah Ujian Dea

    21/21

    DA)-A* PUS-AKA

    meri&an Ps(&hiatri& sso&iation% "#13. DSM-V. Diagnostic and Statistical 

     Manual of Mental Disorders (5th Ed). .ashington'C%

    Hlira S% "#13% Buu !"ar #siiatri Edisi $% Jakarta; HEC%

    !aramis [email protected]% "#1#% %atatan &lmu 'edoteran ia% Hdisi II% Suraba(a; @2 Unair%

    !aslim *% "#11%  Diagnosis *angguan ia +u"uan +ingas dari ##D*-&&& %

    Jakarta; /agian Ilmu 2edokteran Jiwa @2 Unika tma)a(a%

    20