Click here to load reader

Referat Angina Pektoris

  • View
    174

  • Download
    2

Embed Size (px)

Text of Referat Angina Pektoris

ANGINA PEKTORIS

Oleh:

ROBBY ZAYENDRA 0807101010066Pembimbing

dr. NURKHALIS, Sp.JK

DEFINISISuatu sindroma klinis yang ditandai dengan episode nyeri atau perasaan tertekan di depan dada akibat kurangnya aliran darah koroner.

KLASIFIKASIAngina klasik (classical effort angina)

Variant angina (angina Prinzmetal)

Unstable angina (angina tak stabil / ATS)

EPIDEMIOLOGISuatu sindroma klinis yang ditandai dengan episode nyeri atau perasaan tertekan di depan dada akibat kurangnya aliran darah koroner.

PATOFISIOLOGISuatu sindroma klinis yang ditandai dengan episode nyeri atau perasaan tertekan di depan dada akibat kurangnya aliran darah koroner.

ETIOLOGIAngina biasanya diakibatkan oleh penyakit jantung arterosklerotik dan selalu berhubungan dengan sumbatan arteri kooroner utama dalam beberapa kasus dapat merupakan kelanjutan dari stenosis aorta berat, insufisiensi atau hipertrofi kardiomiopati tanpa/disertai obstruksi, aortitis sifilitika, peningkatan kebutuhan metabolic (seperti hipertiroidisme atau pasca pengobatan tiroid) anemia yang jelas, takikardi paroksimal dengan frekuensi ventricular cepat, emboli atau spasme koroner.

Faktor-faktor lain penyebab angineLatihan fisik meningkatkan kebutuhan oksigen jantung. Udara dingin mengakibatkan kontriksi, peningkatan tekanan darah serta peningkatan kebutuhan oksigen jantung. Makanan berat meningkatkan aliran darah ke daerah mesentrikus sehingga mengurangi ketersediaan darah untuk jantung. Stres atau emosi menyebabkan pelepasan adrenalin sehingga kontraktilitas jantung meningkat

MANIFESTASI KLINISKualitas nyeri biasanya tumpul. Biasanya digambarkan sebagai tekanan yang berat atau tertindih di dada, seperti diremas-remas, rasa terbakar, sulit bernapas, dan pada keadaan yang berat biasanya disertai keringat dingin dan sesak napas. Lokasinya biasanya di retrosternal atau sedikit di kirinya, dengan penjalaran ke leher, rahang, bahu kiri, dan lengan kiri yang menjalar ke lengan bawah melalui permukaan ulnaris. Intensitas nyeri biasanya memberat secara progresif, dan mencapai intensitas maksimum dalam hitungan menit sebelum menurun.

MANIFESTASI KLINISNyeri berhubungan dengan aktivitas, hilang dengan istirahat atau penggunaan nitrogliserin. Nyari tidak berhubungan dengan gerakan pernapasan atau gerakan dada ke kiri dan ke kanan. Nyeri juga dapat didahului oleh stress psikologis, namun lebih sering terjadi tanpa factor presitpitasi yang terlihat jelas.

Anginal equivalents (gejala infark miokard selain angina) seperti sesak napas, lelah, dan tidak sadar sering ditemukan, terutama pada orang tua

DIAGNOSIS BANDINGAngina klasik (classical effort angina)

Variant angina (angina Prinzmetal)

Unstable angina (angina tak stabil / ATS)

PEMERIKSAAN PENUNJANGAngina klasik (classical effort angina)

Variant angina (angina Prinzmetal)

Unstable angina (angina tak stabil / ATS)